Tips dan cara kerja menjadi freelancer pemula

Cara menjadi freelancer pemula dari rumah bisa dilakukan hanya dengan modal internet, dan gawai. Freelancing adalah salah satu cara tercepat dan paling terjangkau untuk bekerja di rumah.
Cara menjadi freelancer pemula

Dengan pekerjaan jarak jauh karena pandemi COVID-19, semakin banyak orang mulai kerja freelance di rumah. Dengan meningkatnya keinginan untuk pekerjaan jarak jauh dan tidak tergantung dengan lokasi, memulai bisnis freelancer telah menjadi prospek yang menarik untuk mendapat penghasilan tambahan.

Jika freelancing terdengar menarik bagi Anda dan penasaran cara menjadi freelancer pemula, lihat panduan di bawah ini yang memberikan gambaran bagaiman memulai kerja freelance di rumah.

Apa itu Freelancer?

Bagaimana konsep pekerja lepas, dan bagaimana Anda tahu jika ini adalah pilihan karier yang tepat untuk masa depan Anda?

Freelancer atau pekerja lepas adalah pekerja yang berdiri sendiri dan memilih bekerja untuk dirinya sendiri daripada bekerja dengan perusahaan sebagai karyawan. Jika Anda adalah seseorang yang berjiwa independen dan ingin membangun bisnis berbasis passion Anda sendiri, menjadi seorang freelancer mungkin akan menjadi pertimbangan karier Anda ke depannya.

Cara Kerja Freelancer Online

Buat rencana bisnis : jika Anda baru mengenal pekerjaan lepas dan tertarik untuk mendalaminya, disarankan agar Anda membuat rencan bisnis freelance dan berfokus pada jenis jasa atau produk yang Anda tawarkan kepada calon klien Anda.

Tanyakan kepada diri sendiri beberapa pertanyaan di bawah ini sebelum Anda memutuskan untuk membangun bisnis freelance :

  • Bidang apa yang Anda kuasai?
  • 3 hal apa yang paling Anda pahami?
  • Jenis keterampilan apa yang Anda miliki yang mungkin dapat Anda terapkan ke dalam bisnis Anda?
  • Apakah Anda tertarik dengan topik atau spesialisasi budang tertentu?

Jika sudah terjawab demikian, Anda mungkin ingin menjadikan passion Anda menjadi bisnis yang menguntungkan untuk diri Anda sendiri.

Layanan dan Penawaran : memikirkan apa yang ingin Anda tawarkan kepada calon klien Anda akan membantu saat memilih situs freelance untuk pemula terbaik yang akan dijelaskan di bawah ini sesuai kebutuhan Anda.

Target pendapatan bulanan : cara menjadi freelancer pemula yang penting adalah memastikan bahwa Anda mematok target berapa banyak yang perlu Anda hasilkan setiap bulan untuk memenuhi kebutuhan hidup Anda untuk setiap bulan, tingkatkan target Anda setiap enam bulan atau lebih secara bertahap.

Siapkan portofolio : freelancer profesional  harus mempunyai alat pemasarannya sendiri yakni portofolio. Portofolio ini menunjukkan ciri khas hasil karya, pencapaian, dan keahlian Anda kepada calon klien.

Dengan mengingat target pendapatan bulanan Anda, mencari calon klien yang potensial secara finansial akan jauh lebih mudah. Kini saatnya Anda berburu calon klien .

Situs Freelance untuk Pemula

Upwork

Situs web Upwork memungkinkan para freelancer pemula untuk memasarkan diri mereka kepada calon klien yang ingin menggunakan layanan freelance. Upwork adalah situs layanan freelance yang paling populer untuk saat ini. Karena berbayar dalam dolar, untuk Anda freelancer Indonesia, siapkan akun Paypal untuk menampung pendapatan Anda agar bisa sampai ke akun rekening bank milik Anda.

Fiverr

Mirip dengan upwork, fiverr adalah lapak para freelancer yang mematok harga minimal sebesar $5. Saat Anda mengunjungi fiverr, Anda akan menemukan banyak layanan jasa freelance di berbagai bidang dan Anda bisa mematok tarif sesuai dengan keinginan Anda.

Fastwork.id

Situs web freelance no. 1 di Asia Tenggara ini sudah ada di Indonesia, bagi Anda freelancer Indonesia bisa membangun profil Anda melalui situs web ini dan temukan calon klien pertama Anda. Fastwork.id salah satu situs freelance yang berbayar rupiah dan pendapatan yang Anda dapatkan akan ditransfer ke rekening bank Anda sebanyak dua kali dalam sebulan.

Cara menjadi freelancer pemula adalah dengan membangun keterampilan dan bekerja dengan klien. Buatlah sekarang akun Anda di salah satu situs freelance, tampilkan portofolio terbaik Anda.

Leave a Reply