Teknik Mengambil Foto Saat Wisata Yang Baik Dan Benar

 

Latar Belakang

     Dalam berwisata tentu saja tidak akan pas rasanya jika tidak di dokumentasikan, biasanya  dokumentasi dilakukan melalui media fotografi, dan tentu saja dokumentasi yang di hasilkan haruslah berkesan dan memberi makna tersendiri. Tetapi, terkadang kita sangat sulit untuk mengambil gambar yang kita inginkan saat berada di tempat wisata. Hal tersebut biasanya terkendala oleh beberapa faktor sehingga hasil yang di dapat tidak maksimal.

Jadi apa saja kah faktor yang menjadi kendala saat pengambilan gambar dan apa saja kah soluis yang bisa dilakukan agar pengambilan gambar saat berwisata bisa sangat maksimal?

Mengenai latar belakang dan rumusan masalah diatas kali ini penulis akan sedikit membahas tentang beberapa tips yang mungkin bisa kalian semua lakukan agar gambar yang diambil saat berkunjung ke tempat wisata bisa maksimal dan bagus, dan tips ini sangat cocok jika kebetulan kalian berkunjung ke objek wisata yang terkenal di suatu daerah, oke di simak ya!

 

 1. Bijak dalam memilih waktu kunjungan


     Tips yang pertama yang akan penulis bahas adalah mengenai waktu kunjungan kita ke sebuah tempat wisata. Waktu kunjungan ini maksudnya adalaha jam berapa kita berkunjung, karena dari waktu kunjungan sangat berpengaruh terhadap pengambilan ambar yang bagus loh. selain itu datang sedini mungkin juga bisa menghindarkan kalian dari semrawut dan macetnya lalu lintas.

Contohnya : 

  • Tempat wisata A dibuka pukul 7 pagi dan kita datang pada pukul 7 juga, tentu saja bisa dikatakan bahwa kita menjadi pengunjung pertama tempat tersebut. Dan apa yang kita dapatkan dari menjadi pengunjung pertama tersebut? Yaitu tadi karena pada jam awal tempat wisata dibuka jumlah pengunjung yang datang tidak banyak dan masih sepi sehingga kita bisa dengan puas untuk berfoto ria dan dijamin deh hasil fotnya bakalan keren.

 

2. Pilih Waktu Emas

 

1. Suasana Pada Pagi Hari yang Lembut

     Mengenai tips yang kedua ini tidak jauh berbeda dengan tips yang sebelumnya, tetapi tidak kalah berpengaruhnya terhadapa hasil dari pengambilan gambar yaitu harus memperhatikan saat ‘waktu emas’. Waktu emas yang dimaksud adalah waktu atau kondisi atau moment yang terjadi sangat aestethic seperti saat matahari terbit di pagi hari dan saat matahari tenggelam di sore hari. Biasanya pada saat matahari terbit itu sekitar pukul 7 sampai pukul 10 pagi selama tiga jam tersebut matahari bersinar dengan sinar lembut dan memberikan suasana yang nyaman nan menyegarkan.  

 

2. Suasana Pada Sore Hari yang Menenangkan

Dan pada saat matahari tenggelam di sore hari adalah sekitar pukul 16 sampai pukul 18 karena di saat – saat itulah matahari bersinar dengan sinar yang mulai meredup dengan nuansa keemasan di langit dan juga dengan dibalut dengan awan yang berbentuk kapas.
Oleh sebab itulah saat itu banyak sekali tren cafe yang menyajikan panorama senja.


3. Hindari Musim liburan

     Dan mungkin yang terakhir mengenai tips pengambilan gambar adalah hindari waktu kunjungan saat sedang musim liburan. Musim liburan merupakan suatu kondisi saat tempat – tempat wisata apalagi tempat wisata yang terkenal di suatu daerah pasti banyak di kunjungi oleh orang –orang untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Biasanya jumlah wisatawan pada musim libur bisa meningkat hingga 200% per objek wisata. Jadi jangan berharap akan mendapatkan sebuah gambar yang bagus deh, karena hasil fotomu hanya akan di penuhi oleh orang – orang yang berlalu lalang. Dan walaupun memaksa pasti hasil fotonya akan terlihat sumpek juga.

     Mungkin itulah beberapa tips yang mugkin bisa dimanfaatkan bagi kalian yang suka berwisata manja, semoga bahasan kali ini bisa bermanfaat sebagai referensi.
Terima kasih.

Leave a Reply