Software : Fungsi dan Istilah – Istilah


Software : Fungsi dan Istilah – Istilah – Pada perangkat lunak dikenal istilah versi ( version ) dan rilis ( release ). Istilah versi tersebut adalah menyatakan perubahan besar pada perangkat lunak. Versi dinyatakan dengan bilangan seperti : 1.0, 2.0, 3.0, dst. Tapi terkadang jug dalam versi ini menggunakan notasi lain, sebagai contoh kode tahun menyatakan versi seperti : 98 atau 2017. Sedangkan rilis adalah istilah yang menyatakan perubahan kecil terhadap versi yang sama. Rilis biasanya dinyatakan dengan angka di belakang tanda titik. Contoh versi 4.0 bisa menjadi : 4.1, 4.12, 4.15, dst.

Selain istilah versi dan rilis ada juga istilah yang disebut dengan antar muka ( interface ). Bentuk interaksi antara pemakai dan komputer atau bisa disebut antarmuka pemakai pada komputer di masa lalu dan masa sekarang telah mengalami perubahan secara total. Pada generasi awal PC menggunakan antarmuka yang dinamakan command – driven. Pada antarmuka ini pemakai disuguhi dengan prompt shell dan pemakai perlu mengetikan sendiri perintah yang dikehendaki agar komputer melaksanakan tugasnya.


Dalam aplikasinya untuk memudahkan pemakai, dibuatlah jenis antarmuka lain yang dikenal dengan sebutan GUI ( Graphical User Interface ). GUI mengandalkan peranti yang disebut mouse untuk melaksanakan pemilihan perintah yang dikemas dalam bentuk menu dan ikon. Klik dua kali atau double click, tarik dan lepas ( drag and drop ), dan klik kanan adalah merupakan istilah – istilah yang dikenal pada pemakaian GUI. Antarmuka dalam bentuk lain juga mulai diterapkan, sebagai contoh, dimungkinkan untuk memerintahkan komputer dengan menggunakan suara ataukedipan mata.

 

Fungsi perangkat lunak

Perangkat lunak biasa digunakan oleh pemakai untuk melakukan tugas – tugas spesifik seperti mengetik dokumen, memanipulasi foto, merancang rumah, dll. Perangkat lunak aplikasi dapat digolongkan menjadi :

1. Perangkat Lunak Hiburan

perangkat lunak hiburan ini mencakup program permainan ( game ), atau program untuk memainkan musik dan film.

2. Perangkat Lunak Pendidikan  

Biasanya perangkat lunak pendidikan berguna untuk mempelajari atau mereferensi sesuatu pengetahuan seperti program kamus, ensiklopedi, pelajaran ilmu pengetahuan, pelajaran bahasa asing dan simulasi. Adakalanya sebuah program menggabungkan kemampuan pendidikan dan hiburan sekaligus yang sering disebut edutainment.


3. Perangkat Lunak Bisnis

Perangkat lunak bisnis digunakan untuk menangani aplikasi bisnis, isalnya program untuk menangani persediaan barang ( inventory control ), pencatatan dan pembayaran piutang ( account receivable ), registrasi mahasiswa ( sistem akademik ), dll.
Perangkat lunak produktivitas kerja, berguna untuk meningkatkan produktivitas kerja pemakai, misalnya word processingm spreadsheet, desktop publishingm presentasi grafik, komunikasi, personal information manager, management data.


Di zaman modern ini tentunya keberadaan dari perangkat lunak sudah menjadi sebuah kebutuhan yang sangat penting. Karena dengan media perangkat lunak hidup manusia bisa lebih praktis. Tetapi selain banyaknya keuntungan yang diberikan dari perangkat lunak, ada juga dampak negatif yang ditimbulkan seperti ketergantungan dalam penggunaan menyebabkan interaksi sosial antar manusia menjadi lebih berkurang misalnya seorang anak lebih memilih diam dirumah daripada pergi hang out bersama temannya, adapun dampak negatif lainnya seperti karena kepraktisan perangkat lunak menyebabkan manusia menjadi malas selain itu juga bisa merdampak pada kesehatan mansua itu sendiri.


Oleh sebab itu perangkat lunak memang penting dalam mempermudah hidup tetapi ada yang ;ebih penting yaitu memperhatikan batas penggunannya jangan sampai perangkat lunak tersebut malah mengeksploitasi manusia sehingga menjadi bukan manusia.


Leave a Reply