Segmentasi Pasar : Pengertian, dasar, Tujuan, Contoh


 

1. SEGMENTASI PASAR

     Segmentasi pasar adalah merupakan dasar untuk mengetahui bahwa setiap pasar itu terdiri atas beberapa segmen yang berbeda-beda.yang dimana didalam segmen pasar akan terdapat pembeli-pembeli yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berbeda-beda,serta mempunyai pola pembelian terhadap produk yang berbeda-beda pula.

Segmentasi pasar itu ,sebetulnya merupakan suatu gagasan untuk menetapkan siasat pemasaran dengan membedakan kelompok serta kebutuhan para konsumen/para pembeli.Dengan menetapkan segmentasi pasar,berarti perusahaan yang bersangkutan dapat meningkatkan pelayanannya terhadap para konsumendengan jauh lebih memuaskan.

Adapun pengertian segmentasi pasar yaitu adalah suatu aktifitas membagi atau mengelompokan pasar yang heterogen menjadi pasar yang homogen atau memiliki kesamaan  dalam hal minat, daya beli, geografi, perilaku pembelian, maupun gaya hidup.

 

2. TUJUAN DAN MANFAAT SEGMENTASI PASAR

     Dengan melaksanakan segmentasi pasar maka kegiatan pemasaran produk dapat dilakukan dengan lebih terarah,serta sumberdaya yang dimiliki perusahaan di bidang pemasaran produk dapat dilakukan jauh lebih efektif dan efisien.dengan adanya segmentasi pasar perusahaan dapat menentukan dan membandingkan pasar yang ada karena perusahaan dapat membuat program usaha pemasaran dan dapat menentukan anggaran usaha yang tepat.disamping itu,perusahaan perlu menetapkan program pemasaran produknya untukn memenuhi kebutuhan serta keinginan dan kebutuhan para konsumennya.


Jika perusahaan dapat menerapkan segmentasi pasar,maka tujuannya banyak sekali,diantaranya:

  • Untuk mencapai posisi yang kuat dalam penjualan barang dan jasa.
  • Untuk meningkatkan laba atau keuntungan yang diharapkannya
  • Untuk memudahkan di dalam melaksanakan analisis pasar
  • Agar perusahaan dapat membedakan pasarnya
  • Agar perusahaan dapat memberikan pelayanan yang memuaskan terhadap para konsumen
  • Agar tujuan pemasaran produk yang di buat perusahaan jauh lebih efektif dan efisien.

Dengan sumber-sumber yang ada dan terbatas,perusahaan yang bersangkutan harus mencoba mengenali segmen-segmen pasar yang sekiranya dapat di layani.selanjutnya perusahaan harus dapat menyelidiki tentang kebutuhan-kebutuhan tiap-tiap segmen pasar serat dapat memberikan rasa kepuasan kepada para konsumennya.

Jika perusahaan dalam usahanya dapat menerapkan segmentasi pasar,maka manfaatnya banyak sekali,diantaranya :

  • Perusahaan akan berada dalam posisi yang lebih baik
  • Perusahaan akan menemukan dan membandingkan dalam kesempatan pasar
  • Perusahaan dapat mengelompokan budgetnya dengan tepat
  • Perusahaan dapat menerapkan gagasan pemasaran secara lebih jelas
  • Perusahaan akan dapat mengatur produknya secara lebih baik
  • Perusahaan akan dapat menciptakan daya tarik di bidang pemsarannya

 

3. PERSYARATAN DAN DASAR SEGMENTASI PASAR

 

A. Persyaratan segmentasi pasar

Segmentasi pasar adalah merupakan proses membagi-bagi suatu pasar yang heterogen ke dalam kelompok yang memiliki siri-siri sifat yang homogen.
Agar proses segmentasi pasar dapat efektif [dan efisien,maka segmentasi itu harus memenuhi persyaratan yaitu :

a).Harus dapat dilaksanakan (actionable)

Segmentasi pasar harus dapat dilaksanakan,sehingga semua program pemasaran yang sudah disusun dapat menarik dan dapat melayani segmen secara efektif.Perusahaan harus mampu mengarahkan periklanan ke segmen pemimpin dan perusahaan harus memusatkan usaha pemasaran produknya pada segmen pasar yang telah dipilih.

b).Harus dapat di ukur (measurable)

Segmentasi pasar harus dapat diukur, baik besarnnya maupun luasnya,serta daya beli segmen pasar tersebut.Contohnya :segmen pasar mobil akan dapat diukur apabila konsumen membeli mobil itu apabila terdorong oleh corak/modelnya,atau membeli mobil dikarenakan prestasinya.

 c).Harus cukup luas (Subtantional)

Segmentasi pasar harus cukup luas,sehingga dapat menguntungkan perusahaan,disini perusahaan harus dapat memperhatikan sejauh mana segmen pasar yang dihasilkan untuk dapat dipertimbangkan di dalam pemasarannya.

d).Harus dapat dicapai (accessible)

Segmentasi pasar harus dapat dicapai dengan baik,karena jika sudah melaksanakan segmentasi pasar secara efektif dan efisien,maka segmen-segmen pasar yang sudah ditentukan dapat dipilih yang sangat potensionaluntuk dijadikan pasar sasaran (target market)

  (Baca Juga : PENGERTIAN  SALURAN PEMASARAN DAN SALURAN DISTRIBUSI)

4. Dasar – Dasar Segmentasi Pasar

Selanjutnya kita akan membahas apa-apa yang menjadi dasar adanya segmentasi pasar.adapun yang menjadi dasar pemakaina segmentasi pasar itu.diantaranya :

 

1.Faktor demografi

karakteristrk demografis yg sering digunakan sebagai dasar segmentasi pasar yaitu usia, gender, status kawin, pendapatan, pendidikan, agama, dll informasi demografis merupakan cara paling efektif dari segi biaya dan lebih mudah untuk menjangkau target pasar..yang menjadi alasan demografi menjadi dasar segmentasi adalah :

  • a).Masalah kependudukan mudah diukur. 
  • b).Kebutuhan para konsumen sangat berhubungan dengan variabel-variabel kependudukan.

Jika segmentasi pasar didasarkan pada umur,maka akan memperoleh segmen pasar anak-anak,segmen para remaja,dan segmen orang dewasa.masing-masing segmen pasar ini sangat berbeda-beda,baik motifnya,perilakunya,maupun kebiasaan-kebiasaan di dalam pembelian terhadap produknya.

 

2.Faktor penghasilan

Faktor ini di titik beratkan pada tingkat penghasilan/pendapatan seseorang,sosial ekonominya,modal,kekayaan,dan lain sebagainya.kelas sosial akan menentukan dasarsegmen pasar yang status sosialnya rendah,menengah,dan status sosial yang tinggi.

 

3. Faktor sosiologis

Faktor ini dititik beratkan kepadada kelompok budaya dan kelas sosial yang ada di kalangan masyarakat.dengan adanya dasar ini akan dapat di peroleh segmen pasar masyarakat yang berstatus rendah,biasa,dan status kelas tinggi.

 

4. Faktor psikologis/psikografis

Faktor ini dititik beratkan kepada masalah kepribadian seseorang,sikap mentalnya,manfaat produk yang dibelinya,serta yang dibutuhkannya.segmen pasar disini  dilakukan dengan mengelompokan para konsumen/para pembeli menurut pola atau gaya konsumtif tidaknya,produktif tidaknya,hemat atau tidak,dan lain sebagainya

 

5. Faktor geografis

Faktor geografis akan menyangkut keadaan suatu daerah,iklim suatu daerah,pemerintahan suatu daerah,dan lain sebagainya.dalam faktor ini segmen pasar dibagi menjadi lokasi-lokasi yang berbeda-beda bangsa,negara,provinsi,kota,desa,dan lingkungannya.agar lebih jelas dibawah ini dijelaskan hal-hal yang berhubungan dengan faktor geografis ,diantaranya :
  • Wilayah
Wilayah dapat menentukan segmen pasar yang berupa pasar lokasi,pasar regional,pasar nasional dan pasar internasional.

  • Iklim
Segmentasi pasar berdasarkan iklim dapat diperoleh segmentasi pasar yang berupa pasar menurut daerah pegunungan,dataran rendah dan daerah pantai.pasar menurut iklim kebutuhannya sangat berbeda-beda,begitu pula keinginannya,seleranya,serta preferensinya

  • Kota dan desa
Segmentasi pasar berdasarkan kota dan desa diperoleh segmen pasar yang berupa pasar daerah perkotaan dan pasar daerah pedesaan.

 

6. Faktor Sosial dan Budaya

Faktor sosial budaya memiliki masing – masing variabel sosiologis dan antropologis yaitu sosial dan budaya yang menjadi dasar – dasar lebih lanjut mengenai segmentasi pasar.

 

7. Faktor Terkait Pemakaian

Faktor terkait pemakaian, bentuk segmentasi ini sangat popular dan efektif dalam menggolongkan konsumen menurut karakteristik dari produk, jasa, atau pemakaian merek.

 

8. Faktor Situasi Pemakaian

Faktor tentang situasi pemakaian ditekankan pada para pemasar yang memfokuskan pada situasi pemakaian sebagai variabel segmentasi disebabkan oleh kesempatan atau situasi yang sering menentukan apa yang akan dibeli atau dikonsumsi oleh konsumen.

 

9. Faktor Manfaat

Faktor manfaat yang dimana segmentasi ini dapat digunakan untuk mengatur posisi berbagai merek kedalam golongan produk yang sama.

 

10. Faktor Gabungan

Faktor gabungan dalam segmentasi gabungan ini terdapat 3 pendekatan yang sering dipakai yaitu :

  • Segmentasi profil psikografis demografis, pendekatan yang saling melengkapi yang akan memberikan hasil maksimal ijika digunakan secara bersamaan.
  • Segmentasi geodermografis, jenis segmentasi gabungan ini didasarkan pada pendapat bahwa orang yang hidup dekat satu sama lain mungkin mempunyai keuangan, pilihan, gaya hidup, selera, dan kebiasaan konsumsi yang sama.
  • Segmentasi false and truth, escara tegas memfokuskan pada usaha menjelaskan perilaku membeli konsumen.


 

5. Penentuan Pasar Sasaran

kenapa perusahaan harus memilih market targeting? karena : 

  1. Masing-masing segmen pasir menuntut persyaratan produk yang berbeda antara satu dan yang lainnya.  
  2. Masing- masing segmen memiliki daya tarik pasar yang berbeda dalam hal jumlah pembeli potensial yang ada dan resiko yang harus dihadapi pemasar karena tingkat intensitas persaingan yang berbeda. 
  3. Perusahaan memiliki kemampuan yang terbatas dalam arti finansial, informasi pasar, penguasaan teknologi, sehingga tidak memungkinkan melayani semua segmen psar yang tersedia.


Leave a Reply