Sandiaga Uno : Orang Terkaya di Indonesia urutan ke – 37


Sandiaga uno adalah seorang pengusaha, mantan wakil gubernur DKI Jakarta, dan mantan Cawapres tahun 2019.

Sandiaga salahudin uno atau lebih dikenal dengan sandiaga uno lahir di rumbai, pekanbaru, riau pada tanggal 28 juni 1969. Pada tahun 2011, sandiaga uno tercatat sebagai orang terkaya dengan peringkat ke – 37 di indonesia menurut majalah forbes, dengan total kekayaan sebesar 660 Juta US dollar atau setara dengan Rp 9 Triliun Rupiah.


 

Pendidikan yang Ditempuh


Sandiaga uno kecil menempuh pendidikan sekolah dasar di SD PSKD Bulungan, terus berlanjut ke SMPN 12, dan SMA pangudi Luhur. Setelah menamatkan pendidikan SMA nya Sandi pun melanjutkan pendidikan ke luar negeri.


Menjadi Lulusan Terbaik


Sandiaga Uno kuliah di Wichita State University di Kansas, Amerika dan lulus dengan predikat summa cum laude. Pada tahun 1990, setelah lulus kuliah sandi bekerja di bank Summa milik William Soeryadjaya. Dan 1 tahun setelah itu, sandi mendapat beasiswa untuk melanjutan pendidikannya di George Washington University. Amerika Serikat dan berhasil lulus dengan IPK 4.00.

Karier 

Setelah lulus S2 sandiaga uno memutuskan untuk kembali ke indonesia karena beberapa alasan. tetapi alih – alih mendapatkan kelancaran selama di indonesia ternyata berbagai masalah yang selalu menghampiri.

Tidak Ada yang Mau Mempekerjaka


Walaupun lulus dengan nilai yang sempurna dan punya pekejaan dengan jabatan yang menjanjikan sebelumnya, hal tersebut ternyata tidak menjamin. Krisis moneter pada akhir 1997 menyebabkan perusahaan temptanya bekerja bangkrut. Dan membuat sandi harus kehilangan pekerjaan dan pulang ke indonesia menjadi seorang pengangguran. Pulang ke indonesia, sandi mencoba melamar pekerjaan di beberapa perusahaan. Namun, tak ada perusahaan yang menerimanya. Lamaran kerjanya selalu ditolak.

 

Diremehkan dan Dipandang Sebelah Mata

Ditahun 1997, sandi mencoba peruntungan dengan membuka usaha konsultan keuangan bersama PT Recapital Advisors bersama sahabat SMA – nya Rosan Perkasa Roesiani dan salah satu mentor bisnisnya adalah William Soeryadjaya yang merupakan pendiri PT ASTRA Internasional.

Namun bisnisnya tidak berjalan lancar, usaha dan kemampuan sandi dipandang sebelah mata sehingga sandi baru mendapatkan klien setelah 6 bulan kemudian.
 

Usahanya Baru Membuahkan hasil Setelah 9 Tahun

Pada tahun 1998, sandi bersama Edwin Soeryadjaya, putra dari William Soeryadjaya membangun perusahaan investasi yang bernama PT Saratoga Investama Sedaya yang bergerak dibidang pertambangan, telekomunikasi dan kehutanan. Mereka menghimpun modal investor untuk mengakuisisi perusahaan – perusahaan yang mengalam masalah keuangan. Hingga pada tahun 2009, ada banyak perusahaan yang berhasil diakuisisi oleh PT Saratoga Investama Sadaya diantaranya adalah 
  • PT Dipasena Citra Darmaja
  • PT Bank Tabungan Pensiun Nasional ( BTPN )
  • dan PT Astra Microtronics.

 

Bisnis Batu Bara Internasional dan Otomotif Nasional


Sandi juga mempunyai hak milik atas PT Adaro Energy Tbk yang merupakan perusahaan batu bara terbesar di indonesia dan keempat terbesar di dunia. Ditahun 2014, adaro energy berhasil mendapat keuntungan mencapai 184,5 juta dollar atau setara dengan RP 2 triliun Rupiah. Selain itu Sandi juga memiliki perusahaan yang bergerak dibidang otomotif bernama PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. Perusahaan ini memiliki diversifikasi produk seperti sepeda motor ritel, distribusi sepeda motor, dan pembiayaan sepeda motor. Pertahunnya, perusahaan ini bisa mempunyai penjualan tahunan hingga 16,1 triliun dan keuntungan mencapai Rp 487 miliar.
Beberapa perusahaan milik Sandiaga Uno Lainnya adalah :
  • PT Lintas Marga Sedaya, Perusahaan yang membuat jalan tol cikampek palimanan
  • PT Tower bersama Infrastruktuce Tbk, Perusahaan yang bergerak dibidang telekomunikasi, yang merupakan salah satu perusahaan dengan pertumbuhan yang sangat pesat bisa mencapai 20% setiap tahunnya.
     
  • PT Medco Power Indonesia, Perusahaan yang menciptakan pembangkit listrik dengan menggunakan panas bumi. Di perusahaan ini sandi menguasai kurang lebih 50% saham Medco.
     
  • PT Provident Agro Tbk, Salah satu perusahaan kelapa sawit yang menguasai pasar indonesia. Dan dilaporkan ditahun 2014, keuntungan perusahaan ini mencapai Rp 168 miliar dalam waktu 4 bulan.
     
  • Skystar Ventures, sebuah co – working space, venture capital, dan juga inkubator bisnis yang menghasilkan perusahaan rintisan berbasis informasi dan teknologi.

Menjadi Direksi dan Aktif Diberbagai Organisasi


Sandi pernah menjadi ketua himpunan pengusaha muda Indonesia ( HIPMI ) dan sebagai ketua komite tetap bidang UMKM di kamar dagang dan industri indonesia ( Kadin ). Kini sandiaga uno fokus membangun UMKM. 

Leave a Reply