PRINSIP DAN METODE EKONOMI

PRINSIP DAN METODE ILMU EKONOMI



1. Prinsip Ekonomi


               Kebutuhan manusia yang tidak terbatas sedangkan alat pemuas kebutuhan yang terbatas jumlahnya menyebabkan manusia harus bertindak rasional.Manusia harus berfikir dalam pengunaan sumber daya yang terbatas agar optimal dalam memuaskan kebutuhan.

prinsip ekonomi adalah dasar  berfikir yang digunakan manusia dalam melakukan tindakan ekonomi yaitu dengan pengorbanan tertentu berusaha untuk mendapatkan hasil yang maksimal.atau dengan pengorbanan sekecil-kecilnya berusaha untuk mendapatkan hasil tertentu.
Agar dapat melaksanakan prinsip ekonomi tersebut,manusia harus melakukan hal-hal berikut :

1. Efisiensi,yang terdiri atas :

  • Efisiensi dalam penggunaan sumber daya manusia (tenaga kerja) yang tepat.
  • Efisiensi dalam pengambilan keputusan,yaitu dengan mengedepankan kemampuan berfikir dalam setiap pengambilan keputusan.
  • Efisiensi dalam penggunaan waktu dan biaya.

2. Efektivitas,yang terdiri atas :

  • Efektivitas dalam penggunaan modal yang digunakan untuk investasi
  • Efektivitas dalam penyediaan kesempatan kerja baru.
  • Efektivitas dalam meningkatkan hasil produksi.
  • Efektivitas dalam menjaga keseimbangan dan kelestarian alam.

2. Metode Ilmu Ekonomi

             
              Ilmu ekonomi secara sederhana merupakan upaya manusia untuk memenuhi kebutuhan yang bersifat tidak terbatas dengan alat pemenuhan kebutuhuna berupa barang dan jasa yang bersifat langka dan terbatas serta memiliki kegunaan yang alternatif.sehingga butuh metode yang berkaitan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
Adapun metode yang digunakan dalam ilmu ekonomi menurut chaurmain dan prihatin (1994:14-16) yaitu:

A. Metode Induktif

Yaitu metode dimana suatu keputusan dilakukan dengan mengumpulkan semua data informasi yang ada dalam realitas kehidupan.Realita tersebut mencakup setiap unsur kehidupan yang dialami kehidupan,keluarga,masyarakat lokal yang mencari jalan pemecahan sehingga upaya pemenuhan kebutuhan tersebut dapat dikaji secermat mungkin.

B. Metode Deduktif

Metode deduktif yaitu metode ilmu ekonomi yang bekerja atas dasar hukum,ketentuan,atau prinsip umum yang mudah di uji kebenarannya.dengan metode ini,ilmu ekonomi mencoba menetapkan cara pemecahan masalah sesuai dengan acuan,prinsip hukum, dan ketentuan yang ada dalam ilmu ekonomi.Misalnya, dalam ilmu ekonomi terdapat hukum yang mengemukakan bahwa jika persediaan barang dan jasa berkurang dalam masyarakat,sementara permintaannya tetap maka barang dan jasa akan naik harganya.Bertolak dari hukum ekonomi tersebut. Para ahli ekonomi secara deduktif sudah dapat menentukan bahwa harus dijaga agar persediaan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat tersebut selalu dapat memenuhi kuantitas dan kualitasnya.

C. Metode Matematika

yaitu metode yang digunakan untuk memecahkan masalah-masalah ekonomi dengan cara pemecahan soal -soal secara matematis.Maksudnya bahwa dalam matematika terdapat kebiasaan yang dimulai dengan pembahasan dalil-dalil.melalui dalildalil tersebut sudah dapat dipastikan bahwa kajiannya dapat diterima secara umum.

D. Metode Statistika

Yaitu suatu metode pemecahan masalah ekonomi dengan cara pengumpulan,pengolahan,penfsiran dan penyajian data dalam bentuk angka-angka secara statistik.dari angka-angka yang disajikan kemudian dapat diketahui permasalahan yang sesungguhnya.

Leave a Reply