Perhatikan 5 Hal Berikut saat Hendak Pergi Mendaki Gunung

 

 

 Tips naik gunung bagi pemula Gunung
 Tips naik gunung bagi pemula Gunung

 Tips naik gunung bagi pemula Gunung kerap kali menjadi tempat populer untuk dikunjungi oleh banyak orang khususnya untuk pemula untuk hanya sekedar mengisi waktu luang atau bahkan untuk memenuhi kebutuhan. Begitupun di indonesia saat ini, wisata pegunungan atau kita biasa mengenalnya dengan istlah naik gunung seakan sedang menjadi trend bagi kalangan anak muda dan juga orang dewasa atau juga bisa disebut semua kalangan. Hal itu terindikasi dari banyak nya konten – konten media sosial dan jumlah kunjungan wisatawan pemula yang terus meningkat datang ke objek gunung – gunung terkenal di tanah air ini.

     Banyak orang pemula yang mengatakan bahwa hidup itu tidak dikatakan sebagai hidup kalau belum pernah naik gunung. Ungkapan itu muncul karena saat naik gunung kita di tantang untuk bisa menaklukan berbagai macam rintangan untuk bisa mencapai puncak yang merupakan tujuan akhir. Tidak dipungkiri bahwa panorama yang ada di gunung itu terkesan beda dengan panorama atau pemandangan di tempat- tempat lain, pemandangan yang menyajikan hamparan awan putin yang mengelilingi horison dan sinar mentari lembut menyapa mata kita dengan udara yang dingin membuat hal – hal yang terjadi di pegunungan menjadi sebuah pengalaman yang tidak akan bisa dilupakan.

     Memang semua cerita diatas sangat menarik rasa penasaran untuk bisa berwisata naik gunung tetapi, bagi kalian yang ingin atau sudah mempunyai rencana untu naik gunung, pastikan untuk memperhatikan hal – hal berikut ini agar perjalanan naik gunung kalian berjalan lancar dan selamat.

1. Tidak Memperhatikan Kondisi Fisik

     Hal pertama yang jangan dilakukan adalah dengan mengabaikan kondisi fisik,karena hal yang harus diperhatikan saat hendak mendaki gunung adalah memperhatikan seberapa fit kondisi fisik kalian, naik gunung itu mengharuskan kita untuk memacu fisik kita sehingga otomatis kita juga dituntut untuk memiliki kondisi terbaik. Karena jika kebetulan kondisi kita sedang buruk dan memaksa untuk naik gunung, hal tersebut sangat beresiko bagi keselamatan kalian. Biasanya kasus- kasus yang terjadi mengenai ketahanan fisik di gunung adalah hiportemia, halusinasi, dan bahkan yang terburuk membuat tubuh lelah sehingga sulit untuk dikendalikan.

2. Tidak Mempelajari atau Melakukan Riset Tentang Gunung yang Hendak di Daki

     Yang selanjutnya yang tidak boleh dilakukan adalah naik gunung berdasarkan spontanitas saja. Alangkah baiknya kita  melakukan riset atau istilah lainnya mencari informasi mengenai kondisi gunung akan hendak didaki terlebih dahulu, pelajari mulai dari kondisi geografi, kondisi flora dan fauna, ketinggian, dan jalur pendakian, dan kondisi terbaru gunung ( kondisi vulkanik, kondisi kebakaran ).

     Hal – hal tersebut penting untuk dilakukan agar yang pertama kita bisa mempersiapkan perlengkapan yang diperlukan, mempersiapkan budget, dan manfaat lainnya agar kita tidak mudah tersesat.

3.Tidak Memperhatikan Larangan – Larangan yang Berlaku

     Yang ketig yang harus diperhatikan saat naik gunung adalah dengan memperhatikan larangan- larangan apa saja yang berlaku di gunung, mulai dari larangan yang bersifat rasional dan juga larangan yang sifatnya irasional, karena tidak sedikit orang yang mengalami kejadian – kejadian yang tidak mengenakan saat mendaki gunung yang biasanya disebabkan oleh melanggar larangan yang berlaku. Jadi untuk keselamatan sangat penting untuk memperhatikan hal ini.
Lebih baik jangan naik gunung sendirian

4. Jangan Mendaki Gunung Seorang Diri

     Sebenarnya untuk hal ini sifatnya opsional karena tidak sedikit orang  yang mendaki gunung seorang diri. Tapi alangkah baiknya jangan dilakukan seorang diri. Gunung merupakan alam bebas yang apa saja bisa terjadi disana jika kita punya rekan segala hal yang terjadi akan lebih mudah di lakukan di banding sendiri, selain itu juga rekan itu bisa menjadi media kita untuk menghilangkan penat.

5. Jangan Buang Sampah Sembarangan

     ini merupakan hal sederhana tapi sangat berperan penting saat naik gunung adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan. Ingat loh, bahwa penguraian sampah sintetis itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar, bayangkan jika setiap orang membuang sampah sembarangan atau tidak membawa kembali sampah saat melakukan pendakian hal itu hanya akan berdampak buruk dan membuat rusak gunng saja. Jadi dalam hal ini dibutuhkan skill kesadaran tingkat tinggi. Demikian lah  Tips naik gunung bagi pemula Gunung terimakasih.

Leave a Reply