Penyebab Korea Utara dan Korea Selatan Bermusuhan

Penyebab Korea Utara dan Korea Selatan Bermusuhan – Jika kalian mendengar nama korea pasti kalian akan lebih condong dan lebih akrab dengan nama korea selatan yang merupakan sebuah negara maju yang berada di benua asia bagian timur. Meskipun begitu kalian juga pasti tidak asing juga dengan negara korea utara yang merupakan sebuah negara yang penuh misteri dan di gambarkan sebagai negara yang memiliki kekuatan militer yang besar dan negara yang dipimpin oleh kepala negara yang kejam.


Fakta nya secara historis korea selatan dan korea utara dulunya adalah satu bagian dan satu kesatuan yaitu negara Korea. tetapi kini kedua negara tersebut bermusuhan meskipun banyak langkah – langkah perdamaian yang diusulkan nampaknya belum ada perdamaian sejati diantara keduanya.

 

Nah apa sih yang membuat korea terpisah menjadi Utara dan Selatan?

 

 

Sejarah Perang Korea

Korea utara dan korea selatan pada awalnya adalah satu negara namun perpecahan terjadi karena di akibatkan oleh perang dingin yang terjadi pada tahun 1948 dan perang di semenanjung korea pada tahun 1950. Perang yang terjadi ini berlangsung sampai dengan tahun 1953 yang diakhiri dengan perjanjian gencatan senjata. Pada saat itu korea utara yang nama resminya adalah Republik Demokratik Rakyat Korea mendapat dukungan dari Uni Soviet sementara Korea Selatan yang nama Resminya adalah Republik Korea mendapat dukungan dari Amerika Serikat. 

 

Latar Belakang 


Awal konfilk antara blok utara dan selatan ini dipicu karena perang Korea yang terjadi pada tahun 1950 yang mana saat itu pasukan tentara korea utara menyerang korea selatan. Pada serangan itu militer Korea Utara berhasil menduduki kota Seoul. Dalam langkah merespon serangan tersebut Korea Utara yang di dukung oleh Amerika serikat serta koalisi bangsa – bangsa melancarkan serangan balasan kepada Korea utara yang menyebabkan negara yang di pimpin oleh kim il sung itu terpojok sampai perbatasan Korea Utara dan Tiongkok.

 
Namun untuk mempertahankan kedudukan, korea utara dibantu oleh tiongkok sehingga bisa bertahan dari gempuran serangan kubu koalisi bangsa – bangsa. Akhirnya setelah tiga berperang tepat pada tahun 1953 konfik di semenanjung korea itu diakhiri dengan penandatanganan perjanjian gencatan senjata antara Amerika Serikat dan Korea Utara.
Dalam perang yang terjadi setidaknya memakan korban sebanyak 2,5 juta jiwa dari pihak militer dan warga sipil. Setelah itu sampai saat ini belum ada perjanjian perdamaian resmi dari kedua negara, jadi secara teknis korea utara dan korea selatan masih dalam status berperang.


Penyebab Korea Utara dan Selatan Tidak Bisa Bersatu

Terdapat beberapa sebab yang menyebabkan perang korea dan, yaitu diantaranya :

 

1. Ideologi

Korea selatan dan korea tara memiliki perbedaan yang sangat besar mengenai ideologi negara masing – masing. Korea selatan yang di adopsi oleh negara Amerika Serikat mengusung ideologi Liberal sedangkan Korea Utara yang di sokong oleh Uni Soviet menganut paham Komunis. Kedua paham ini tentunya sangat bersebrangan karena :
Liberal , menjunjung tinggi kebebasan bernegara
Komunis, memaksa warga negara untuk tunduk pada pemerintah negara.

 

2. Intimidasi Politik


Siapa yang menguasai media tetntunya akan menjadi pemenang di mata dunia. Korea utara terkenal sangat sering melakukan uji coba senjata perang yang bisa dikategorikan sebagai senjata pemusnah masal atau nuklir. Uji coba nuklir ini bukan hanya uji coba biasa karena terdapat maksud lain yaitu sebagai ajang unjuk gigi kepada Korea Selatan. Begitupun yang dilakukan oleh Korea selatan mereka memanfaatkan media untuk menggembor – gemborkan kekejaman Korea Utara padahal nyatanya sudah ada turis yang mengunjungi negara tersebut dan tidak sesuai dengan apa yang media gambarkan selama ini.

 

3. Amerika dan Uni Soviet

Dari sekian banyak penyebabk konflik mungkin keterlibatan Amerika Serikat dan Uni Soviet merupakan yang paling besar dampaknya yang menyebabkan terpecahnnya negara yang dulunya hanya bernama korea. Pasca perang dunia ke 2 korea yang merupakan jajahan Jepang dibagi oleh pihak sekutu. Tanpa persetujuan dari pihak Korea sekutu membagi negara ini menjadi 2 bagian  yaitu Utara dan Selatan Wilayah kedua negara dibatasi dengan garis Lintang Utara ( LU ) 38 derajat. Amerika saat itu mendapatkan wilayah yang paling menguntungkan karena mendapatkan wilayah Selatan dengan kota Seoul sebagai pusat peradabannya. Dan soviet mendapatkan wilayah utara yang saat itu merupakan wilayah industri pabrik.

 
Mungkin jika pihak sekutu tidak membagi wilayah korea sepertinya konfik antara  Korea Selatan dan Korea Utara tidak akan terjadi.
Perbatasan korea utara dan korea selatan

Leave a Reply