Penjelasan Piranti Keluaran ( Output Device ) Hardcopy

Pengertian dan Contoh Peranti Keluaran Hardcopy – Device Printer serta Kelebihan dan Kekurangan

     Seperti yang pernah dibahas sebelumnya dalam artikel Output Device Monitor dan jenisnya mengenai pengertian dari peranti keluaran atau output device. Sebagai penjelas saja saya terangkan kembali pengertian Peranti keluaran ( Output device ) adalah peranti yang menampilkan hasil pengolahan, hasil pemasukan data atau perintah pada komputer. Berdasarkan hasil keluaran, peranti keluaran dapat digolongkan menjadi softcopy dan hardcopy.


Langsung saja jika dalam artikel sebelumnya dibahas peranti keluaran monitor dan jenis nya, nah pada kesempatan kali ini saya juga akan menerangkan sebuah peranti keluaran yang mana kali ini akan membahas tentang peranti keluaran yang menghasilkan ” produk ” yang berupa hardcopy peranti keluaran yang dimaksud itu adalah printer.

Printer

Printer adalah peranti yang biasa digunakan sebagai media untuk membuat cetakan pada kertas. Berdasarkan teknologi pencetakannya, peranti printer biasanya di kelompokan menjadi, Impact, Thermal, Ink – jet, Laser, dan muulti fungsi.

1. Printer Impact
Printer jenis ini sering disebut juga hammer, kenapa demikian ? Karena pencetakan printer impact ini dilakukan dengan memukulkan sekelompok pin atau jarum ke pita tinta yang setelah itu pita tinta akan menempel ke kertas dan membentuk simbol yang diinginkan. Letak dari pin – pin printer impact ini sangat berdekatan sehingga membuat tampilan huruf relatif tidak terputus. juga jumlah pin yang ada berkisar antara 9 hingga 24 pin.

Contoh printer yang termasuk kedala kategori printer impact adalah :
  • Dot Matrix merupakan sebuah peranti printer yang menggunakan kepala cetak yang berupa sekumpulan jarum.
  • Daisy Wheel Merupakan jenis printer impact yang menggunakan roda berisi karakter – karakter.
    • Line Printer Merupakan jenis printer impact yang mencetak satu baris per waktu.Printer impact ini memiliki kelemahan dan kelemahannya adalah hasil cetakan dari printer impact ini tidak sehalus seperti hasil cetakan printer ink – jet atau printer laser. selain itu, printer jenis impact ini seringkali berisik. Tetapi meskipun memiliki kelemahan tentu saja printer impact ini juga memiliki kelebihan yang mana kelebihannya terletak pada kemampuannya untuk mencetak pada kertas rangkap. selain itu, memiliki keandalan dan biaya operasi yang murah. 

    Ada karakteristik yang membedakan printer jenis ini yaitu dalam hal kecepatan dan kualitas.
    • -Kecepatan dalam hal ini kecepatan dinyatakan dengan CPS ( Character Per Second ) biasanya kecepatannya berkisar 50 sampai 500 cps
    • – Kualitas Pecentekan bergantung pada jumlah pin yang terbaik dengan 24 pin.

    2. Printer Thermal
    Printer Thermal merupakan pilihan terbaik untuk cetakan berwarna berkualitas tinggi. untuk menghasilkan cetakan berwarna, printer thermal memerlukan kertas berlapis lilin atau parafin dan panas yang membakar titik – titik pada kertas khusus tersebut. Untuk cetakan hitam putiih, printer thermal tidak memerlukan kertas berlapis lilin. selain itu printer thermal merupakan printer yang mahal dan memerlukan kertas yang mahal pula.

    3. Printer Ink – jet
    Printer Ink – jet adalah printer yang menghasilkan cetakan dengan cara menyemprotkan titk – titik tinta yang bermuatan listrik pada kertas cetakan. printe ink – jet dapat menghasilkan cetakan berwarna maupun hitam putih adapun harga dari printer ink – jet ini lebih murah dibandingkan printer laser namun kualitas dan kecepatan pencetakannya lebih rendah dibanding printer laser. Printer ink – jet dapat digunakan mencetak pada kertas biasa atau pada plastik khusu dan juga tinta yang digunakan pada ink – jet relatif mudah larut dalam air, oleh karena itu pemakai harus berhati – hati agar cetakan tidak terkena air.


    4. Printer Laser
    Printer laser merupaan jenis printer yang harganya relatif paling mahal tetapi printer laser dapat memberikan cetakan yang terbaik. dalam hal kecepatan printer laser memiliki kecepatan sekitar 15 sampai 100 halaman per menit, dan rata – rata kecepatannya adalah 30 ppm.

    5. Printer Multifungsi
    Printer multifungsi merupakan printer yang memiliki berbagai fungsi seperti kemampuan sebagai mesin fotokopi, sebagai scanner, bahkan kadang – kadang bisa digunakan sebagai mesin fax.

    Leave a Reply