Penggunaan Huruf Kapital Yang Benar Sesuai KBBI

Penggunaan Huruf Kapital Yang Benar dan Tepat Berdasarkan KBBI Serta Contohnya

     Huruf kapital adalah sebuah huruf yang berfungsi sebagai penjelas suatu kalimat biasanya huruf kapital di tandai dengan huruf besar di awal kata. 

Dalam penggunaannya huruf kapital tidak bisa sembarangan digunakan karena ada aturan resmi yang disebut ejaan yang disempurnakan, umumnya penggunaan huruf kapital yang paling diketahui adalah pada kata pertama suatu paragraf, nama kota, nama orang, nama negara tetapi selain itu ada beberapa struktur kalimat yang diharuskan menggunakan huruf kapital.
agar lebih jelas langsung saja kita bahas mengenai penggunaan huruf kapital berdasarkan ejaan yang disempurnakan.
  • Huruf kapital digunakan sebagai huruf pertama kata pada awal kalimat

    • huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama petikan langsung, Contoh : ” Besok pagi, ” kata Ibu, ” dia akan berangkat “. Bandingkan contoh tersebut dengan ” Besok pagi dia akan berangka ” kata Ibu. Pada kalimat pertama, kata dia ditulis dengan huruf kecil karena tidak mengawali petikan langsung, tetapi lanjutan dari frase besok pagi seperti kalimat kedua.

        • Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama ungkapan yang berhubungan dengan nama Tuhan dan kitab suci, termasuk kata ganti untuk Tuhan. Contoh : Yang Maha kuasa, Yang Maha Pengasih.

            • Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama gelar kehormatan, keturunan, dan keagaman yang diikuti nama orang. Contoh : Haji Agus, Sultan Hasanudin Bandingkan contoh diatas dengan contoh berikut ini; Tahun ini ia pergi naik haji.

                • Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur nama jabatan dan pangkat yang diikuti nama orang atau yang dipakai sebagai pengganti nama orang tertentu, nama instansi, atau nama tempat. Contoh : Wakil Presiden Adam Malik, Sekertaris Jendral, Departemen Pertanian, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta. Bandingkan contoh diatas dengan contoh berikut ini; Kemarin Brigadir Jendral Ahmad dilantik menjadi mayor jendral.

                    • Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur – unsur nama orang. ( jelas ) Contoh : Amir Hamzah, Jika nama orang seperti Diesel dan Ampere dipakai untuk namabenda atau satuan, maka ditulis dengan huruf kecil, misal : mesin diesel dan lima ampere.

                        • Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama bangsa, suku bangsa, dan bahasa. Contoh : bangsa Indonesia, suku Sunda, bahasa Inggris. Bandingkan contoh diatas dengan contoh berikut ini : mengindonesiakan, keinggris – inggrisan.

                            • Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama tahun, bulan, hari, hari raya, dan peristiwa sejarah ( yang dipakai sebagai nama ) Contoh : tahun Hijriah, bulan Agustus, hari Rabu, hari Galungan, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Bandingkan contoh diatas dengan contoh berikut ini : Soekarno dan Hatta memproklamasikan kemerdekaan bangsanya.

                                • Huruf kapital dipaka sebagai huruf pertama nama geografi ( yang menjadi unsur nama diri ). Contoh : Gunung Rinjani, Kali Brantas. Bandingkan contoh diatas dengan contoh berikut ini : jalan – jalan ke gunung, mandi di kali, garam inggris, gula jawa.

                                    • Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama semua unsur nama negara, lembaga pemerintah, dan ketatanegaraan, serta nama dokumen resmi kecuali kata seperti dan dan. Contoh : Republik Indonesia, Majelis Permusyawaratan Rakyat, Keputusan Presiden Republik Indonesia, Nomor 57, Tahun 1972. Bandingkan dengan contoh berikut ini : menjadi sebuah republik, beberapa badan hukum, kerja sama antara pemerintah dan rakyat, menurut undang- undang yang berlaku.

                                        • Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama setiap unsur bentuk ulang sempurna yang terdapat pada nama badan, lembaga pemerintah dan ketatanegaraan, serta dokumen resmmi. Contoh : Yayasan Ilmu – Ilmu Sosial, Rancangan Undang – Undang Kepegawaian.

                                            • Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama semua kata ( termasuk semua unsur kata ulang sempurna ) di dalam nama buku, majalah, surat kabar, dan judul karangan kecuali kata seperti di, ke, dari, dan, yang, untuk yang tidak terletak pada posisi awal. Contoh : Saya telah membaca buku Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma.

                                                • Huruf kapital dipakai seagai huruf pertama unsur singkatan nama gelar, pangkat, dan sapaan. Contoh : Dr, M.A, Tn, Ny.

                                                    • Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama kata penunjuk hubungan keakraban seperti bapak, ibu, saudara, kakak, adik, dan paman yang dipakai dalam penyapaan dan pengacuan. Contoh : “Kapan Bapak berangkat?” tanya Harto, Adik bertanya, ” Itu apa Bu? “, Surat Saudara sudah saya terima. Besok Paman akan datang. Mereka pergi ke rumah Pak Camat. Para ibu mengunjungi Ibu Hasan. Bandingkan contoh diatas dengan contoh berikut : Kita harus menghormati bapak dan ibu kita.

                                                        • Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama kata ganti Anda. Contoh : Surat Anda telah kami terima.

                                                          Leave a Reply