Pengertian Perangkat Lunak Komputer Dan Jenis Kelompoknya

Pengertian Perangkat Lunak Komputer Dan Jenis Kelompoknya



1. Apa itu Perangkat Lunak?

     Komputer tanpa dukungan perangkat lunak ( software ) tidak dapat melakukan tugas yang dikehendaki oleh pemakai karena perangkat lunak sesungguhnya adalah program, yaitu deretan intruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki pembuatnya dan program umumnya dibuat oleh vendor perangkat lunak ataupun perorangan.

2. Pengelompokan Perangkat Lunak

Berdasarkan fungsinya perangkat lunak dapat dibagi menjadi dua golongan :

  • Perangkat lunak aplikasi ( application software ) adalah program yang biasa dipakai oleh pemakai untuk melakukan tugas – tugas spesifik, misalnya : membuat dokumen, memanipulasi foto atau membuat laporan keuangan.
  • Perangkat lunak sistem ( system sofware ) adalah program yang digunakan untuk mengontrol sumber daya komputer, seperti ; CPU dan peranti masukan atau keluaran. Kedudukan program ini adalah sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer. Contoh perangkat lunak sistem adalah windows dan linux.


    Berdasarkan cara mendapatkan perangkat lunak dan hak pemakai, perangkat lunak dapat digolongkan :

    • Perangkat lunak komersial ( commercial software, proprietary software ) adalah perangkat lunak yang dijual secara komersial. Setiap orang bermaksud menginstallnya harus membeli software tersebut. Jika tida membelinya, pemakai berarti telah melakukan pembajakan software dan dapat dikenai sanksi hukum. Dan contoh perangkat lunak komersial adalah microsoft office dan adobe photoshop

    • Rentalware adalah perangkat lunak yang dapat digunakan oleh seseorang atau institusi dengan cara membayar sewa kepada pihak developer software  dan sewa biasanya dilakukan per tahun.

    • Perangkat lunak domain – publik adalah perangkat lunak yang tidak disertai hak cipta dan memungkinkan siapa saja melakukan tindakan apa saja terhadap program tersebut, termasuk membuang nama penciptanya dan memperlakukannya selayaknya karya ciptaanya sendiri dan mengenakan hak cipta. Perangkat lunak seperti ini umumnya berupa kode sumber.

    • Shareware adalah perangkat lunak yang tersedua tanpa kode sumber dan bisa digunakan oleh pemakai dengan tujuan untuk dievaluasi selama masa tertentu tanpa membayar. Bila masa tersebut telah berlalu dan pemakai bermaksud tetap menggunakannya maka ia perlu membayar ke developer software tersebut.
    • Freeware adalah perangkat lunak yang tersedia tanpa kode sumber dan bebas digunakan oleh siapa saja tanpa perlu membayar. Berbagai alasan pembuatan freeware adalah :

      • Sebagai penarik bagi pemakai untuk membeli versi lebih lanjut ( dengan fitur yang lebih lengkap ) yang bersifat komersial.
        • Pembuat menginginkan tanggapan dari pemakai sehingga pihak developer dapat mengembangkan versi yang lebih bagus.
          • Pembuat ingin menyebarluaskan karyanya supaya menjadi terkenal.

          • Pembuat benar – benar ingin membantu pemakai dalam melakukan tugas tertentu tanpa membeli perangkat lunak komersial.


        Free software adalah istilah yang dicanangkan oleh richard stallman ( pendiri free software Foundation )untuk menyatakan perangkat lunak yang dilengkapi dengan kode sumber yang memungkinkan siapa saja dapat menggunakan program tersebut dan bahkan dapat ikut mengembangkannya.

        Secara lebih lengkap sebuah program disebut free software jika :

        • Pemakai memiliki kebebasan untuk menjalankan program untuk tujuan apa saja.

        • Pemakai memiliki kebebasan untuk memodifikasi program sesuai kebutuhan. Oleh karena itu, kode sumber harus tersedia.
        • Pemakai memiliki kebebasan untuk mendistribusikan kembali salinan program, baik secara gratis atau memungut bayaran.
        • Pemakai memiliki kebebasan untuk mendistribusikan versi – versi program yang telah dimodifikasi sehingga komunitas memperoleh manfaat dari pengembangan tersebut
          Tujuan stallman adalah menciptakan kebebasan kepada pemakai dan menghindarkan pengontrolan program oleh satu pihak. Untuk menunjang kebebasan tersebut, stallman menggunakan metode yang disebut copyleft terhadap perangkat lunak GNU yang ia kembangkan. Istilah ini adalah pembalikan dari istilah copyright. Copyleft juga menggunakan hak cipta yang memberikan hak kepada pemakai untuk menjalankan program, memodifikasi hingga mendistribusikan versi modifikasi, tetapi melarang program tersebut untuk dijadikan sebagai program proprietary.

          Open Source istilah tersebut pertama kali dikemukakan oleh Eric Raymond pada tahun 1998 dan dimaksudkan untuk menghilangkan makna “ free “ pada free software yang ambigu karena dalam bahasa inggris kata tersebut memiliki arti yang bermacam – macam, yakni “ free “ dalam arti gratis ataupun “ free “ dalam arti kebebasan. Open source timbul dari ide bahwa seandainya setiap orang dapat berpartisipasi dalam mengembangkan suatu perangkat lunak. Tentu perangkat lunak tersebut akan segera berevolusi menuju tingakt kesempurnaan.

          Hak – hak yang disediakan pada open source adalah sebagai berikut :

          • Hak untuk membuat salinan program dan mendistribusikan salinan tersebut.
          • Hak untuk mengakses kode sumber sebagai syarat untuk melakukan pemodifikasian.
          • Hak untuk melakukan pengembangan terhadap program.


          Leave a Reply