Pengertian Pasar dan Jenis – Jenis Pasar Menurut Ahli

Pengertian Pasar dan Jenis – Jenis Pasar – Setiap kali kita belanja kebutuhan rumah tangga pasti kita akan pergi kepasar. dan mungkin yang kita tahu jenis pasar itu adalah pasar tradisional dan pasar swalayan padahal banyak sekali jenis pasar selain kedua jenis pasar tersebut loh. yuk kita kupas tuntas mengenai pasar

 

1. Pengertian Pasar

Pasar berdasarkan pada ilmu ekonomi adalah merupakan tempat bertemunya antara pembeli dan penjual guna melakukan transaksi jual beli. Dalam pelaksanaanya pasar tidak selalu mengacu pada suatu tempat, karena pasar sifatnya tidak terikat suatu batasan asal terpenuhi kriterianya.
Atau secara umum bisa didefinisikan bahwa pasar adalah tempat pertemuan antara penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi jual beli akan barang dan jasa.


Menurut H. Nystrom

Pasar merupakan suatu tempat tertentu yang digunakan sebagai tempat penyaluran barang dan jasa dari tangan produsen ke konsumen. Dengan kata lain bahwa pasar merupakan tempat transaksi barang dan jasa antara produsen dan konsumen.

Pasar dapat diperluas lagi yaitu terjadinya hubungan antara penjual dan pembeli baik secara langsung atau tatap muka. Biasanya hal tersebut terjadi di pasar tradisional atau pun pasar non tradisional. Maupun tidak langsung melalui media pesawat telpon faksmilie ataupun internet.

2. Fungsi Pasar

A. Sarana Distribusi

Sebagai sarana distribusi, pasar berfungsi untuk memperlancar proses penyaluran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.

B. Menetapkan Nilai

Pasar akan menetapkan harga suatu barang atau jasa tertentu sesuai dengan permintaan dan penawaran yang terjadi di pasar yang telah disepakati oleh produsen dan konsumen.

C. Sarana Promosi

Produsen atau pedagang bisa memasarkan produk atau jasanya secara bebas kepada konsumen atau pembeli.

3. Kriteria Pasar

Dalam teorinya Suatu tempat dapat dikatakan sebagai pasar jika telah memenuhi kriteria berikut :
Terdapat penjual dan pembeli
  • Ada barang atau produk yang diperjual belikan
  • Adanya proses negosiasi atau tawar menawar antara pedagang dan pembeli
  • Terdapat penjual dan pembeli

4. Jenis – Jenis Pasar

Pasar terbagi ke dalam beberapa jenis, diantaranya yaitu :

A. Berdasarkan Barang Yang Di Perjual Belikan

Jika berdasarkan barang yang diperjual belikan maka pasar dapat dikelompokan menjadi :

1. Pasar Barang Konsumsi

Pasar barang konsumsi yaitu merupakan jenis pasar yang menjual atau menyediakan berbagai macam kebutuhan sehari – hari semisal makanan, minuman, dan pakaian. Adapun salah satu contoh  ang termasuk pasar konsumsi adalah Pasar Sembako, Toko Baju, dll.

2. Pasar Barang Produksi

Pasar barang produksi yaitu jenis pasar yang memperjual belikan produk – poduk yang menjadi faktor industru, seperti jual beli bahan baku industri, jual beli tenaga kerja mesin,  peralatan lain yang merupakan sumber daya produksi yang dapat digunakan untuk memproduksi barang lain

B. Berdasarkan Distribusi

1. Pasar Lokal

Pasar Lokal yaitu pasar yang memperjual belikan barang kebutuhan konsumen yang bertempat tinggal disekitar pasar, dan barang yang diperjual belikan di pasar lokal ini biasanya adalah hasil budidaya masyarakat sekitar pasar itu sendiri.

2. Pasar Daerah

Pasar Daerah yaitu jenis pasar yang letaknya biasanya berada di ibukota atau pusat kota, pasar ini lebih besar daripada pasar lokal karena menjadi tempat jual beli bagi suatu daerah satu daerah (kota).

3. Pasar Nasional

Pasar Nasional adalah jenis pasar yang cakupan distribusinya berada satu tingkat lebih tingga daripada pasar daerah sehingga pasar nasional ini aktifitasnya dilakukan diwilayah yang lebih luas seeperti lingkup negara. Pasar  nasional ini memperjual belikan kebutuhan konsumen untuk satu negara, contoh nya bursa efek yang menjadi tempat jual beli akan kebutuhan saham dalam negeri.

4. Pasar Internasional

Tentang pasar internasional, suatu negara tidak terlepas dari adanya perdagangan internasional, perdagangan tersebut menuntut adanya tempat khusus yang mempertemukan antara penjual dan pembeli dari berbagai negara, contoh pasar karet di New York Amerika Serikat.

C. Berdasarkan Ketersediaan Barang Yang Di Perjual Belikan

Terdapat beberapa jenis pasar yang didasarkan kepada ketersediaan barangnya dan pasar tersebut dikelompokan sebagai berikut

1. Pasar Konkret

Pasar konkret adalah suatu jenis pasar yang memperjual belikan barang yang mana barang nya ada fisiknya di tempat tersebut, dan setelah membayar barang tersebut maka pembeli bisa  membawanya pulang. Contoh dari pasar konkret adalah toserba, minimareket, supermarket.

2. Pasar Abstrak

 Pasar abstrak adalah jenis pasar yang memperjual belikan barang tetapi barang nya tidak ada fisiknya di tempat tersebut. Contoh bursa efek, bursa valuta asing.

D. Berdasarkan Waktu

 Jenis pasar yang didasarkan pada waktu dikelompokan sebagai berikut :

1. Pasar Harian,

Pasar harian adalah pasar yang aktifitas ekonominya diadakan untukkeperluan sehari – hari, pasar ini dibuka setiap hari dan biasanya menjual kebutuhan pokok/

2. Pasar Mingguan

 Pasar mingguan adalah jenis pasar yang dibuka setiap minggu

3. Pasar Bulanan

 Adalah jenis  pasar yang dibuka sebulan sekali

4. Pasar Tahunan

 adalah pasar yang aktifitasnya diadakan setahun sekali. Contoh pekan raya jakarta.

E. Berdasarkan Bentuk Atau Struktur Pasar

Jenis pasar yang dikelompokkan berdasarkan bentuk atau struktur pasanya adalah sebagai berikut :

1. Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna seringkali disebut sebagai bentuk struktur pasar yang paling ideal. Pasar persaingan sempurna memiliki banyak pembeli dan penjual sehingga harga pasar tidak dapat dipengaruhi oleh perseorangan.

Ciri utama dari pasar persaingan sempurna ini adalah di pasar ini biasanya para penjual dan para pembeli mengetahui dengan baik harga barang, jenis barang, dan kualitas barang yang diperjual belikan. Ciri lain dari pasar sempurna adalah :
  • Penjual dan pembeli bebas berinteraksi untuk membeli atau menjual barang kepada siapapun
  • Barang yang diperjual belikan bersifat homogen, yang berarti pasar tersebut dapat saling mengganti satu dengan yang lain.

2. Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Selain pasar persaingan sempurna ada juga yang disebut pasar persaingan tidak sempurna
Pasar persaingan tidak sempurna adalah jenis pasar yang tidak memenuhi ciri dari pasar persaingan sempurna atau bisa dikatakan bahwa pasar persaingan tidak sempurna ini merupakan kebalikan dari pasar persaingan sempurna.

Ciri utama pasar persaingan tidak sempurna, yaitu diantaranya adalah :
  • Produsen dan konsume tidak mengetahui tentang kondisi pasar dengan baik
  • Pembeli dan penjual tidak bebas berinteraksi’
  • Barang yang diperjual belikan bersifat heterogen

F. Berdasarkan Sifat Pembentukan Harga

1. Pasar Persaingan

Pasar yang pembentukan harganya berdasarkan persaingan antara permintaan dan penawaran, contoh jika permintaan naik sedangkan penawaran tetap maka harga naik, sebaliknya jika permintaan turun dan penawaran naik maka harga akan turun

2. Pasar Monopoli

Pasar monopoli adalah pasar yang pembentukan harga nya ditentukan oleh satu kelompok.  Contoh dari pasar monopoli ini adalah BBM yang hanya di produksi dan di jual oleh PT. Pertamina

3. Pasar Oligopoli

Pasar oligopoli merupakan jenis pasar yang pembentukan harganya ditentukan oleh beberapa orang atau oleh beberapa kelompok yang menguasai penawaran atau penjualan. Contoh dari pasar oligopoli adalah Produsen sabun mandi.

Leave a Reply