Peluang Usaha untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta

Anda seorang Ibu rumah tangga? Jika iya, inilah kesempatan Anda untuk merintis usaha dengan modal minim. Peluang usaha bagi Ibu rumah tangga memang cukup besar, pasalnya Ibu rumah tangga memiliki waktu lebih banyak dibanding dengan Ibu pekerja. Peluang usaha untuk Ibu rumah tangga modal 1 juta bisa Anda simak berikut ini.

Daftar Peluang Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

Sebagai Ibu rumah tangga, mengatur keuangan tentu menjadi sebuah keharusan. Namun terkadang, kebutuhan rumah tangga dirasa cukup berat jika harus bergantung pada pendapatan dari suami saja. Inilah beberapa jenis usaha rumahan yang bisa dilakukan dengan modal 1 juta.

Membuka Bimbingan Belajar

Bisnis pertama yang bisa dilakukan dengan modal 1 jutaan yakni membuka les atau bimbingan belajar. Modal utama yang Anda perlukan yakni alat tulis, buku pelajaran, papan tulis, serta meja dan kursi jika diperlukan. Semua perlengkapan tersebut tentu bisa Anda beli dengan harga murah.

Anda bisa melakukan bimbingan untuk siswa SD, SMP, atau SMA. Bahkan jika Anda memiliki keahlian di bidang tertentu, Anda bisa melakukan les privat. Les privat biasanya memiliki tarif yang lebih mahal dibanding bimbingan belajar secara kelompok.

Meski bisa dirintis dengan modal cukup murah, namun Anda tetap perlu memperhatikan beberapa hal. Salah satunya yakni tentang wawasan Anda terkait mata pelajaran. Jangan sampai, Anda sendiri tidak menguasai mata pelajaran yang akan diajarkan kepada siswa.

Reseller Pakaian

Peluang usaha rumahan dengan modal kurang dari 1 juta berikutnya yakni menjadi reseller pakaian. Pakaian termasuk dalam segmen fashion yang notabene tidak akan pernah surut, bahkan cenderung terus meningkat.

Anda bisa melihat lingkungan di sekitar Anda. Jika kebanyakan adalah wanita muslim, maka Anda bisa menjadi reseller gamis dan hijab. Bisa juga dengan baju pakaian model lain sesuai dengan minat pasar. Keuntungan menjadi reseller salah satunya yakni sistem penjualan yang mudah.

Artinya mudah adalah, Anda tidak perlu membangun branding dari nol. Anda hanya perlu memasarkan produk yang memang sudah punya nama besar. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan perlengkapan promosi dari supplier tangan pertama.

Menjadi Blogger

Menjadi blogger masuk dalam daftar peluang usaha 2020 yang paling menjanjikan. Mengapa demikian? Hal ini karena dengan menjadi blogger, Anda bisa meraup keuntungan dari internet, salah satunya dari adsense Google.

Cukup bermodalkan halaman blog, kemudian Anda isi dengan konten artikel yang berkualitas. Saat trafik blog Anda sudah tinggi, maka blog Anda bisa dijadikan space iklan. Setiap iklan yang diklik oleh pengunjung blog Anda, Anda akan menerima uang.

Jika Anda tidak memiliki keahlian menulis, Anda bisa memesan artikel pada agensi yang menawarkan jasa penulisan artikel blog. Jangan khawatir, modal yang diperlukan cukup terjangkau. Setiap artikel biasanya dihargai sekitar 20 sampai 50 ribu tergantung pihak agensinya.

Penulis Lepas

Mendapatkan uang dari internet tidak hanya sebatas menjadi blogger. Serupa tapi tidak sama, kali ini Anda bisa mencoba menjadi penulis lepas atau freelance. Profesi freelance kini tidak bisa dipandang sebelah mata, pasalnya mereka juga memiliki keahlian atau skill yang bagus.

Menjadi freelance sangat cocok bagi Anda seorang Ibu rumah tangga. Anda tidak perlu keluar rumah untuk ngantor. Cukup bermodalkan laptop dan keahlian menulis. Namun sebagai penulis, Anda harus memiliki wawasan yang luas agar tulisan Anda berkualitas dan berbobot.

Anda bisa ikut agensi jasa penulisan artikel atau bisa juga berdiri sendiri. Cara promosinya pun kini semakin mudah, salah satunya dengan menjadi member di situs marketplace khusus freelancer. Dengan demikian, pelanggan bisa dengan mudah menemukan profil dan layanan Anda.

Ternak Ayam

Siapa bilang ternak ayam tidak bisa menghasilkan uang? Hal ini salah besar. Ternak ayam juga merupakan salah satu peluang usaha di desa yang cukup mudah untuk dijalankan. Pasalnya, dengan modal murah dan cara perawatan yang mudah, ayam Anda bisa menghasilkan cuan.

Ternak ayam sangat cocok bagi Anda yang tinggal di wilayah pedesaan. Biasanya, di wilayah pedesaan masih terdapat banyak kebun. Kebun tersebut bisa menjadi “lahan main” bagi ayam selain kandang. Biaya pakan untuk ayam juga sangat murah, bahkan ayam bisa mencari pakan sendiri.

Ayam yang telah cukup umur, bisa Anda jual di pengepul. Tidak hanya itu, telur ayam juga bisa dijual. Jika keuntungan sudah semakin banyak, Anda bisa meningkatkan bisnis ini menjadi peternakan ayam dengan skala besar serta menjadi pemasok untuk para pedagang.

Dropship

Bergabung sebagai member dropship menjadi sebuah peluang usaha tanpa modal yang cukup populer di kalangan Ibu rumah tangga. Dikatakan tanpa modal karena memang bisnis ini tidak mengharuskan Anda membeli atau menyediakan stok produk terlebih dahulu.

Cara kerjanya adalah dengan mempromosikan produk lewat foto atau gambar. Foto-foto tersebut bisa Anda bagikan lewat akun media sosial, misalnya seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, Twitter, dan lain-lain. Mempromosikan lewat cara offline pun juga bisa Anda lakukan.

Saat ada orang yang memesan, Anda harus segera mengambil barang atau memesan secara online kepada supplier tangan pertama. Biasanya, barang akan dikirim langsung oleh supplier menuju pelanggan, tanpa melalui Anda sebagai penjual.

Menjual Makanan Kekinian

Peluang usaha adalah sebuah kesempatan emas yang dapat menghasilkan keuntungan berupa uang. Salah satunya yakni dengan menjual makanan kekinian. Ada banyak jenis makanan atau minuman yang bisa Anda pilih.

Misalnya, salad buah, bakso aci instan, seblak instan, hingga minuman dengan kemasan custom yang unik. Makanan atau minuman dengan kemasan unik bisa membuat pembelinya merasa “bangga”, terutama saat mereka bisa memotret dan mempostingnya di media sosial.

Modal yang dibutuhkan juga tidak banyak, hanya sekitar 1 jutaan saja. Namun, Anda perlu mengasah kreativitas lebih dalam untuk bisa membangun image unik pada produk Anda. Jangan lupa selalu manfaatkan media sosial untuk promosi.

Bisnis Afiliasi

Bisnis afiliasi hampir sama dengan reseller, bisnis ini juga termasuk peluang usaha baru. Hanya saja, produk afiliasi biasanya berupa produk digital. Bisnis semacam ini memang sedang booming, selain fleksibel, modal yang diperlukan juga cukup murah.

Anda cukup membeli produk untuk modal awal menjadi member afiliasi. Rentang harga cukup bervariasi, mulai dari 100 hingga 500 ribuan tergantung jenis produknya. Setelah itu, Anda akan diberikan link khusus. Link inilah yang harus Anda promosikan kepada target market Anda.

Setelah link “laku”, maka Anda akan mendapatkan komisi. Bisnis ini sangat pas dilakukan oleh semua kalangan, termasuk Anda sebagai Ibu rumah tangga. Anda bisa menjalankan bisnis ini kapanpun dan dimanapun. Bahkan saat Anda rebahan atau sedang menyusui bayi Anda.

Jadi, Anda tertarik bisnis nomor berapa? Selain modal berupa uang, ada baiknya Anda juga mulai belajar tentang bisnis. Belajar bisnis menjadi semakin mudah dengan keberadaan internet. Hal paling penting yakni Anda harus konsisten dan pantang menyerah.

Leave a Reply