Peluang Usaha Sampingan Modal Kecil di Rumah

Peluang usaha sampingan

Hidup di era serba canggih semacam ini memang susah-susah gampang. Sebaiknya memang Anda jangan terlalu bergantung pada satu jenis penghasilan saja. Anda harus mulai membangun bisnis sampingan agar kondisi keuangan Anda tetap aman. Berikut deretan peluang usaha sampingan modal kecil di rumah.

Rekomendasi Usaha Sampingan Modal Kecil

Salah satu bisnis yang paling banyak diminati adalah bisnis online. Pasalnya, bisnis online dirasa lebih fleksibel dan tidak memerlukan modal yang terlalu banyak. Sehingga, siapapun bisa melakukannya, mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa, pekerja, hingga Ibu rumah tangga. Daftar bisnis online, diantaranya:

Dropship

Bisnis online paling populer yang pertama yakni dropship. Jika Anda menggunakan sistem dropship, maka Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang sebagai modal. Pasalnya, sistem dropship tidak mengharuskan Anda membeli produk terlebih dulu seperti bisnis jenis lain.

Biasanya, Anda cukup mendaftar kepada supplier tangan pertama, dan kemudian Anda akan diberi beberapa foto produk lengkap dengan spesifikasi atau keterangan. Foto-foto produk tersebut bisa Anda pasarkan melalui sosial media, misalnya Facebook, Instagram, Whatsapp, atau website.

Saat ada pembeli yang memesan melalui Anda, maka tugas Anda adalah memesan atau mengambil barang di supplier tangan pertama tadi. Keuntungan bisa Anda dapatkan melalui transaksi ini. Misalkan harga asli produk sebesar Rp 50.000, Anda bisa menjualnya dengan harga Rp 70.000.

Reseller

Selain dropship, bisnis online sebagai reseller juga cukup populer dilakukan oleh banyak orang. Sistem ini sering dijadikan sebagai usaha sampingan karyawan. Pasalnya, para karyawan ini selain bekerja, mereka juga bisa sekaligus memasarkan produk kepada rekan-rekan kerjanya.

Berbeda dengan sistem dropship, sistem reseller mengharuskan Anda untuk membeli produk dengan jumlah tertentu sebagai modal awal. Kelebihan sistem ini, Anda cukup memasarkan produk yang memang sudah punya “nama” besar, sehingga masyarakat sudah kenal dengan brand tersebut.

Misalnya, Anda ingin menjadi reseller produk baju. Maka Anda harus membeli baju tersebut dengan jumlah tertentu, sebut saja 10 pcs baju dengan total Rp. 1.000.000. Baju yang sudah Anda beli bisa mulai Anda pasarkan dengan harga jual yang lebih tinggi agar Anda memperoleh keuntungan.

Jual Produk Digital

Berikutnya, Anda bisa menjual produk digital untuk dijadikan usaha sampingan online. Produk tersebut bisa berupa pulsa, paket data, token listrik, tiket kereta api, tiket pesawat, dan sebagainya. Mengapa bisnis ini layak dicoba? Bisnis ini layak Anda coba karena tidak membutuhkan modal besar.

Pertama, Anda hanya butuh smartphone. Kini, hampir semua orang memiliki smartphone, termasuk Anda bukan? Selain smartphone, Anda harus memiliki kuota atau paket data. Hal ini tentu bukan perkara sulit untuk dipenuhi.

Setelah itu, Anda bisa mengunduh aplikasi yang mendukung bisnis ini. Sekarang sudah banyak aplikasi seperti ini yang bisa Anda pilih dengan mudah. Cukup cari di play store, kemudian unduh, lalu install. Biasanya, Anda hanya perlu mengisi saldo sebagai modal awal.

Baca Juga: Peluang Usaha Online Terbaru dan Terlaris
Peluang Usaha Sampingan Karyawan
Tips Jitu dan Strategi Menangkap Peluang Usaha Agar Berhasil

Membuka Jasa Bimbingan Belajar

Membuka jasa bimbingan belajar atau les juga menjadi salah satu usaha sampingan modal kecil yang bisa dikerjakan di rumah. Anda hanya butuh buku, alat tulis, dan papan tulis sebagai modal awal. Selain itu Anda bisa menyediakan meja dan kursi kecil untuk tempat duduk siswa.

Bahkan jika ingin lebih hemat, Anda bisa menyediakan tempat secara lesehan. Meski tidak membutuhkan modal besar, namun usaha ini membutuhkan tanggung jawab yang besar. Pasalnya, tugas Anda adalah memberikan pengajaran tambahan agar siswa menjadi lebih pintar.

Tidak hanya itu, Anda juga harus bisa menjaga kepercayaan agar reputasi Anda tetap baik di mata orang tua siswa. Besaran fee yang Anda tawarkan harus disesuaikan dengan tingkatan kelas atau kondisi wilayah Anda. Jangan terlalu mahal, namun juga jangan terlalu murah.

Membuka Jasa Menjahit

Bisnis modal kecil selanjutnya yakni membuka jasa menjahit. Peralatan yang Anda butuhkan jelas yang pertama adalah mesin jahit, lalu ditambah dengan aneka benang dan jarum jahit. Meski sering dianggap sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga di rumah, namun usaha ini membutuhkan keahlian khusus.

Anda harus terampil menjahit agar bisa memperoleh pesanan. Selain itu, Anda juga harus pastikan bahwa pelanggan Anda puas dengan hasil jahitan Anda. Misalnya, membuat baju seragam, baju untuk hari raya, baju kebaya, dan sebagainya.

Agar usaha Anda bisa semakin dikenal orang banyak, Anda bisa mempromosikannya melalui media sosial. Cukup foto hasil karya Anda, kemudian posting di akun-akun media sosial yang Anda punya, misalnya Facebook, Instagram dan Story Whatsapp.

Bisnis Kuliner

Usaha sampingan dengan modal yang cukup murah yakni usaha kuliner. Anda bisa membuat aneka jajanan ringan yang sekiranya bisa dijual dengan harga murah. Jajanan yang bisa dijual dengan murah diantaranya yakni, donat seharga Rp 2000 atau kue tradisional seharga Rp. 1000 – Rp. 2000.

Anda bisa menitipkan dagangan Anda di kantin kantor, kantin sekolah, atau di warung-warung terdekat. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengunggah foto produk Anda melalui akun media sosial. Pastikan hasil foto jernih dan menarik agar followers Anda tertarik untuk membelinya.

Cara terakhir dalam usaha kuliner yakni dengan menerima pesanan dalam jumlah besar. Anda bisa tawarkan sistem ini untuk beberapa keperluan yang cukup penting. Misalnya acara hajatan pernikahan, arisan keluarga, atau dalam sebuah acara meeting.

Jasa Penulis Artikel

Selanjutnya Anda bisa membuka jasa penulis artikel. Industri 4.0 membuat persaingan di dunia maya semakin gencar dan ketat. Salah satunya yakni banyak para pengusaha yang berlomba-lomba membuat konten untuk website dan media sosial.

Namun sayangnya tidak semua pengusaha bisa menulis artikel dengan baik dan benar. Kesempatan ini tentu bisa Anda manfaatkan dengan baik. Modal yang Anda perlukan yakni laptop atau komputer dan internet yang lancar.

Meski masuk dalam kategori usaha dengan modal minim, namun tentu saja Anda harus mahir menulis dan berwawasan luas. Hal ini bertujuan untuk kebutuhan pekerjaan, jika konten yang Anda buat berkualitas tentu saja pelanggan akan merasa puas.

Membuat Blog

Bisnis online modal kecil terakhir yakni dengan membuat blog. Eksistensi blogger saat ini tidak bisa dipandang remeh. Pasalnya, hanya dengan menulis, blogger bisa mendapatkan uang yang cukup banyak. Uang dari bisnis ini bisa berasal dari beberapa sumber.

Salah satu sumber yang paling besar yakni dari iklan atau Adsense Google. Selain itu, Anda juga bisa memperoleh penghasilan dari endorse, atau menjadi pembicara di berbagai seminar. Meski terlihat menggiurkan, tapi untuk mencapai hal ini Anda harus konsisten menulis di blog.

Sebenarnya, masih banyak jenis bisnis yang bisa Anda jalankan di rumah. Namun sebelum memulainya, ada baiknya Anda mempelajari dulu bisnis yang ingin Anda geluti. Lakukan survei kecil-kecilan untuk memperoleh informasi yang cukup agar bisa meminimalisir kegagalan.

Leave a Reply