Peluang Usaha Sampingan Karyawan

Peluang Usaha Karyawan

Bekerja menjadi karyawan di sebuah perusahaan mungkin memang menjadi pekerjaan yang paling nyaman. Tapi, apakah Anda sudah puas dengan hasil gajinya? Kini sudah banyak yang mulai mencari peluang usaha sampingan karyawan. Tujuannya satu, agar keuangan mereka semakin meningkat.

Kondisi keuangan yang baik tidak hanya sekedar penting untuk kebutuhan sehari-hari. Namun lebih dari itu, bisnis bisa dijadikan sebagai aset atau investasi jangka panjang. Bahkan hingga usia pensiun sekalipun. Jika Anda berminat, simak rekomendasi peluang usaha di bawah ini.

Peluang Usaha Sampingan untuk Para Karyawan

Peluang usaha adalah sebuah kesempatan dimana Anda bisa mendapatkan keuntungan di dalamnya. Meskipun resiko gagal tetap ada, namun setidaknya Anda bisa mendapatkan keuntungan berupa pengalaman dan pelajaran berharga tentang sebuah bisnis. Berikut ini daftar peluang usaha yang bisa Anda coba jalankan.

Membuka Toko Kelontong

Peluang bisnis yang pertama yakni membuka toko kelontong. Bisnis ini bisa dijalankan di rumah, sehingga Anda tetap bisa bekerja sebagai karyawan di perusahaan lain. Sebelum mulai membuka toko atau warung kelontong, Anda perlu meriset secara sederhana tentang kebutuhan pasar.

Misalnya, jika di lingkungan Anda kebanyakan adalah ibu rumah tangga, maka Anda bisa siapkan dagangan berupa produk-produk rumah tangga. Produk rumah tangga bisa berupa sembako, makanan instan, serta gas elpiji.

Jangan lupa tambahkan produk snack untuk menarik perhatian anak-anak di sekitar rumah Anda. Jika modal yang diperlukan cukup mahal bagi Anda, Anda bisa mengajukan kredit di koperasi atau bank terdekat. Langkah ini dinilai cukup efektif agar Anda bisa merintis usaha di rumah.

Baca Juga: Peluang Usaha Online Terbaru dan Terlaris
Peluang Usaha Sampingan Modal Kecil di Rumah
Tips Jitu dan Strategi Menangkap Peluang Usaha Agar Berhasil

Laundry

Menjalankan bisnis laundry sebenarnya bukan peluang usaha baru. Bisnis laundry sudah ada sejak lama, namun bukan berarti bisnis ini sudah “kadaluarsa”. Usaha laundry nyatanya tetap laris manis, asalkan dijalankan pada tempat yang tepat.

Perlu Anda perhatikan, pelanggan laundry biasanya adalah orang-orang yang sibuk sehingga tidak memiliki waktu untuk mencuci baju. Maka, pilihlah tempat yang sekiranya berada di lingkungan para pekerja. Misalnya, lingkungan perkantoran, atau lingkungan kampus.

Usaha laundry saat ini sudah semakin mudah, pasalnya banyak orang yang menawarkan franchise laundry. Artinya, Anda cukup terima beres dengan mengeluarkan modal sekian rupiah, sedangkan untuk semua perlengkapan sudah disiapkan oleh penyedia layanan franchise.

Warung Kopi atau Angkringan

Warung kopi atau angkringan juga masuk dalam daftar peluang usaha sampingan yang bisa menghasilkan keuntungan besar. Warung kopi atau angkringan biasanya mulai buka saat sore hari hingga hampir tengah malam. Jadi, Anda tetap bisa bekerja sebagai karyawan saat pagi harinya.

Angkringan biasanya menyediakan aneka minuman seperti teh, kopi, susu, kopi susu, susu jahe, jahe hangat, dan sebagainya. Selain itu, ada juga macam-macam cemilan seperti gorengan, dan snack kecil-kecilan. Anda juga bisa menambahkan nasi bungkus dengan aneka lauk.

Angkringan semacam ini cukup laris manis karena harga jualnya yang murah dan merakyat. Sehingga, modal yang Anda perlukan pun tidak terlalu besar. Namun perlu Anda ingat, karena menjual makanan, maka Anda harus selalu pastikan bahwa dagangan Anda selalu higienis dan enak.

Frozen Food

Peluang bisnis yang cukup populer saat ini salah satunya adalah frozen food. Frozen food artinya makanan yang dibekukan dalam freezer. Makanan tersebut sudah siap untuk diolah, biasanya hanya butuh digoreng atau direbus saja, kemudian bisa langsung disantap.

Para penikmat frozen food biasanya adalah orang-orang yang sibuk sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk memasak. Bisa juga untuk mahasiswa yang notabene mereka tinggal di kost sehingga tidak memiliki perlengkapan masak yang lengkap.

Maka dari itu, pastikan Anda memiliki target market yang tepat. Bisnis ini terlihat sangat simpel, dan Anda pun tetap bisa menjalankannya meski masih berstatus sebagai karyawan. Bahkan, Anda juga bisa menjadikannya sebagai peluang usaha online, misalnya melalui marketplace atau media sosial.

Jual Produk Digital

Peluang usaha adalah sebuah kesempatan dimana Anda bisa melihat kebutuhan pasar secara tepat. Tidak perlu terlalu muluk-muluk sebenarnya, cukup perhatikan kebutuhan dasar orang-orang di sekitar Anda. Misalnya, jika lingkungan Anda semuanya memiliki smartphone, pasti semua butuh pulsa.

Contoh lain, semua lingkungan Anda pasti menggunakan listrik bukan? Maka Anda bisa mulai berjualan token listrik. Produk-produk semacam itu termasuk dalam kategori produk digital. Cara jualnya pun cukup mudah dan fleksibel.

Anda tidak perlu melakukan stok barang seperti buka warung. Anda juga tidak memerlukan tempat khusus. Modal yang Anda butuhkan hanyalah smartphone dan kuota internet. Namun biasanya, Anda tetap butuh modal awal untuk mengisi deposit di akun jualan Anda.

Bisnis Kuliner

Bisnis selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menjual makanan (kuliner). Mengingat Anda masih bekerja sebagai karyawan, maka sebaiknya Anda mulai dari jenis makanan paling ringan dulu. Misalnya, aneka kue tradisional, cemilan, gorengan, atau sejenisnya.

Anda bisa memanfaatkan lingkungan kerja Anda untuk dijadikan target market. Caranya cukup mudah, Anda bisa membuka sistem PO atau pre order. Anda bisa tawarkan kepada rekan-rekan Anda menu atau jenis makanan apa saja yang bisa Anda buat.

Setelah Anda menulis daftar pesanan, di hari berikutnya Anda bisa membawakan pesanan rekan-rekan Anda. Jenis makanan juga bisa berupa sayur atau lauk untuk makan siang. Jika masakan Anda dinilai enak, maka bisnis ini bisa berjalan dengan lancar dan sangat menguntungkan.

Baca: 12 Tips Membangun Bisnis dari Nol Dijamin Sukses
Rugi! Jangan Mulai Usaha Minuman Kekinian Sebelum Melakukan Ini
Tips dan cara kerja menjadi freelancer pemula

Bisnis Dropship

Peluang usaha untuk Anda yang masih bekerja sebagai karyawan selanjutnya yakni berjualan dengan sistem dropship. Bisnis ini cukup banyak digemari karena sistemnya yang sangat mudah, fleksibel, namun tetap bisa menguntungkan. Menjalani bisnis dropship bahkan tidak akan membuat Anda rugi.

Pasalnya, dengan dropship Anda tidak perlu membeli stok barang dagangan terlebih dulu. Anda cukup mempromosikan gambar atau foto produk. Jika ada yang membeli, barulah Anda memesankan kepada supplier tangan pertama.

Keuntungan bisa Anda dapatkan dengan cara menaikkan harga jual. Contohnya, harga jual asli sebesar 100 ribu, maka Anda bisa menjualnya dengan harga 125 ribu. Modal utama Anda adalah smartphone dan kuota internet tentu saja.

Membuka Barbershop

Bisnis sampingan yang terakhir yakni membuka usaha barbershop. Modal yang dibutuhkan untuk usaha ini tidak terlalu besar. Namun, hal paling penting yang harus Anda perhatikan yakni terkait pelayanan dan keahlian memotong rambut secara rapi dan benar.

Hasil kerja Anda juga harus sesuai dengan keinginan pelanggan. Jangan sampai, hasil potong rambut Anda tidak rapi dan membuat pelanggan kecewa. Anda bisa membuka barbershop ini mulai sore hingga malam hari, tentunya setelah Anda pulang kerja.

Peluang usaha sebenarnya selalu tersedia dalam setiap kesempatan. Namun, terkadang kitalah yang enggan mengambil peluang tersebut. Meski Anda sebagai karyawan, Anda tetap harus merintis usaha sendiri agar kelak bisa diandalkan hingga masa pensiun atau hari tua.

Leave a Reply