Mengenal Korea Utara : Sejarah, Ideologi, Pemimpin, Agama, Kebudayaan

Mengenal Korea Utara : Sejarah, Ideologi, Pemimpin, Agama, Kebudayaan – Jika mendengar kata negara korea pasti yang tertanam dalam benak kita tertuju kepada negara Korea selatan dan Korea Utara. Tetapi meskipun kita mengetahui terdapat 2 negara korea yang berbeda, kita hanya mengenal tentang korea selatan saja.

Ya seperti yang kta semua ketahui bahwa korea selata merupakan negara maju yang berada di asia bagian timur dan juga korea selatan saat ini ada kiblat life style masyarakat Asia karena trend Kpop dan kecantikannya.


Tapi apakah kalian mengenal tentang negara Korea Utara?


Tidak sedikit dari kita tidak mengetahui informasi tentang negara yang merupakan saudara dari korea selatan tersebut. Hal itu dikarenakan Korea Utara merupakan negara yang terisolasi dan misterius sehingga sulitnya mendapatkan informasi mengenai kehidupan bernegaranya.

Meskipun terisolasi dan terkesan misterius perlahan – lahan informasi tentang korea utara tersebar ke publik dan sedikit kita bisa mengenal tentang negara tersebut.



1. Sejarah Korea Utara

Sebenarnya dulu korea utara dan kkorea selatan merupakan 1 negara kesatuan yang dinamakan negara Korea. Pada masa perang dunia ke 2 korea dijajah oleh jepang dan setelah kekalahan jepang saat melawan sekutu korea pun di ambil alih oleh negara sekutu. Pada saat itu Korea dibagi menjadi 2 wilayah Sisi selatan yang berpusat di Seoul di ambil alih oleh Amerika Serikat sedangkan Korea utara yang notabenenya merupakan wilayah industri pabrik diberikan kepada Uni Soviet.

Setelah beberapa waktu tepatnya pada tahun 1950 meletuslah perang antara korea utara dan korea selatan yang kita kenal sebagai perang korea. Perang sengit tersebut berlangsung selama 3 tahun dari tahun 1950 – 1953 yang diakhiri dengan penadatanganan perjanjian gencatan sencata antara pihak Amerika Serikat dan pihak Korea Utara.
Sebenarnya setelah perjanjian damai tersebut setelahnya tidak ada perjanjian damai resmi yang disepakati sehingga secara teknis korea utara dan korea selatan masih berperang.


2. Perbatasan Korea Utara dan Korea Selatan


Perbatasan korea Utara dan Selatan berada pada garis Lintang Utara ( LU ) 38 derajat yang tepat pada jalur tersebut didirikanlah pos perbatasan yang disebut sebagai Korea Demilitary Zone ( DMZ ). DMZ ini didirikan sebagai media penyangga dari kedua negara itu.


3. Ideologi Korea Utara

Negara yang memiliki nama resmi Republik Demokratik Rakyat korea ini Ideologi yang dianutnya adalah komuisme yang dipimpin oleh seorang presiden. alasan kenapa korea utara menganut paham komunisme karena hal itu dikarenakan pada saat pembagian wilayah pasca perang dunia ke 2 wilayah korea utara di berikan kepada pihak Uni Soviet sehingga tidak aneh jika paham yang dianut oleh korut ini adalah komunisme.

 

4. Pemimpin Korea Utara

Saat ini Korea Utara Di pimpin oleh Presiden Kim Jong Un, ada hal menarik mengenai pemimpin Korea Utara ini karena sepanjang sejarah berdirinya negara korea utara negara ini hanya dipimpin oleh 3 pemimpin, yaitu :
  • Kim Il Sung
  • Kim Jong Il
  • Kim Jong Un
Ketiga pemimpin korea utara tersebut merupakan satu keluarga yang mana masing – masing memiliki hubungan kakek, ayah, anak, dan cucu. Adapun mengenai gaya kepemimpinan meraka hampir sama yaitu bersikap otoriter dan tak segan menghancurkan berbagai hal yang dianggap menghalangi tujuan mereka meskipun itu keluarga mereka sendiri.

 

5. Agama di Korea Utara


Tak seperti negara tetangganya korea selatan yang memiliki pahak liberal dan kapitalis sehingga agama apa saja diperbolehkan dianut oleh masyarakatnya. Hal itu berbeda dengan di korea utara karena Islam, Kristen, Hindu, dan Buddha dilarang keberadaannya. Tetapi jika bicara tentang sesembahan ada juga yang menyebut bahwa masyarakat korea utara menyembah pemimpin de facto mereka yaitu Kim Il Sung.

 

6. Kehidupan Di Korea Utara

Dari segi kehidupan sosial masyarakat Korea Utara hidup dalam kemiskinan dan kelaparan. Masyarakat disana banyak yang tidak mampu untuk membeli mobil sehingga jalan tol, jalan raya, dan jalan – jalan besar disana terlihat lengan dan bahkan dijadikan tempat bermain oleh anak – anak.
 
Bukti kemiskinan lainnya adalah :
  • Keterbatasan Listrik
  • Kelaparan
  • Gelandangan
  • Dll

 

7. Berwisata ke Korea Utara


Dalam pariwisata Korea Utara tidak melarang wisatawan asing yang ingin berkunjung loh. Jadi jika kalian berencana ingin berkunjung ke Korea Utara kalian diharuskan berangkat dari china menggunakan kereta yang memasuki wilayah korea utara selama 24 jam. Dan untuk berwisata disana kalian akan dipandu oleh pemandu wisata dari pemerintah yang akan menjelaskan mengenai agenda kalian selama berada di korea selatan. Berwisata itu identik dengan fotografi kan?

Nah di Korea Utara itu kegiatan yang berhubungan dengan kamera sangat diawasi dengan ketat, pemandu wisata akan menerangkan mengenai hal – hal apa saja yang boleh difoto dan hal yang tidak boleh difoto. Hal yang dilarang difoto adalah :
  • Tentara
  • Hal yang memiliki unsur kemiskinan dan kekumuhan
  • Dan hal yang berbau kemewahan

 

8. Budaya Korea Utara

Korea utara memiliki budaya yang hampir sama dengan korea selatan mulai dari pakaian, tarian, dan makanan. Tentu saja hampir sama dan bahkan sama karena sejatinya korea utara dan korea selatan adalah satu saudara dan satu kesatuan yang terpisah oleh pihak – pihak yang serakah dan tidak bertanggung jawab.
 

Leave a Reply