Mengenal 7 Anak Rasulullah Muhammad SAW

Mengenal 7 Anak Rasulullah Muhammad SAW – Bagi umat muslim di seluruh dunia pasti sangat mengenal dengan sosok Nabi Muhammad. kisah hidupnya yang inspiratif dan penuh perjuangan dalam mengajak orang untuk menuju kebenaran. selain itu Nabi Muhammad bahkan di nobatkan sebagai orang paling berpengaruh di dunia karena perannya yang mampu mengubah suatu peradaban. 

Meski kisah hidup dari Rasulullah SAW sudah terkenal dan banyak terdapat dalam literatur – literatur muslim tapi tidak sedikit yang tidak mengetahui tentang silsilah keturunan beliau. Rasulullah memiliki 7 orang anak mungkin yang kita familiar di telinga kita yaitu Fatimah Az – Zahra padahal masih ada anak – anak lain yang semulia Fatimah yang patut kita ketahui juga.

juga dulu terdapat sebuah makam atau lebih tepatnya kubah makam tempat anak – anak rasulullah dimakamkan namun, Kubah makam anak – anak Rasulullah yang berada di Baqi, Madinah dihancurkan pemerintah Arab Saudi tahun 1926 M. Kubah paling besar saat itu adalah makam fatimah Az – Zahra dan anak cucunya. Sedangkan yang lainnya adalah makam Zainab, Ruqayyah dan Ummu Kultsum.

Jadi mari kita lebih kenali ke tujuh anak Rasulullah agar wawasan islam kita semakin bertambah :



1. Al – Qasim

Anak pertama Rasululah yang menjadi sebab beliau dipanggil Abal Qasim. Lahir di Makkah sebelum Bits’ah dan wafat pada usia 1 tahun 5 bulan. Makamnya berada di Ma’la, Makkah, bersebelahan denga makam ibundanya.


As – Suhaili dalam kitabnya, Raudhul Unfa Fi Syahri Sirah Ibnu Hisyam meriwayatkan bahwa sebelumnya Rasulullah telah diberi kabar tentang Al – Qasim yang akan meninggal sebelum masa menyusuinya selesai. Ketika Rasulullah melihat Khadijah sangat bersedih karena wafatnya Al – Qasim, beliau bersabda” Sesungguhnya Al – Qasim akan menyelesaikan masa menyusunya di surga.

 

2. Zainab

 

Anak kedua Rasulullah lahir di Makkah 10 tahun sebelum Bits’ah. Tepatnya saat Rasulullah berusia 30 tahun. Zainab menikah dengan Abu Al – Ash bin Rabi bin Abdul Uzza bin Abdu Syams bin Abdu Manaf.


Ath – Thabari dalam Tarikh – nya meriwayatkan bahwa Zainab memiliki 2 anak. Ali dan Umamah. Ali wafat saat masih kecil. Sedangkan Umamah menjadi istri Ali bin Abu Thalib setelah Fatihmah Az – Zahra meninggal. Dari pernikahan itu lahir Muhammad Al – Ausath bin Ali. Setelah Ali bin Abu Thalib wafat, Umamah kemudian dinikahi oleh Mughirah bin Naufal, darinya lahir Yahya bin Mughirah. Zainab wafat di madinah tahun 9 Hijriyah pada usia 29 tahun.

 

3. Ruqayyah

 

Anak ketiga Rasulullah lahir di Makkah tiga tahun setelah kelahiran Zainab. Saat Rasulullah berusia 33 tahun. Al – Qasthalani dalam Mawalib Laduniyah menyatakan bahwa awalnya Ruqayyah menikah dengan sepupunya yaitu Utbah bin Abu Lahab. Namun ketika islam datang, Utbah tidak mau masuk islam dan akhirnya mereka bercerai
 

Setelah bercerai dari Utbah, Rasulullah kemudian menikahkan Ruqayyah dengan Utsman bin Affan. Darinya lahir seorang putra bernama Abdullah. Ruqayyah wafat pada bulan Ramadhan 2 Hijriyah saat pertempuran Badar berlangsung.


Makam Ruqayyah berada di Baqi, satu kubah dengan makam dua saudarinya, Zainab dan Ummu Kultsum.


Baca Juga : Hubungan Agama Islam dan Politik Di Indonesia

 

 

4. Ummu Kultsum

 

Anak keempat Rasulullah lahir di Makkah setahun setelah kelahiran Ruqayyah. Saat Rasulullah berusia 34 tahun. Ummu kultsum menikah dengan utaibah bin abu lahab bersamaan dengan menikahnya ruqayyah dengan utbah bin abu lahab. Ketika islam datang, utbah dan utaibah enggan memeluk islam, hingga akhirnya Ruqayyah berceai dari Utbah begitupun Ummu Kultsum ikut bercerai dengan Utaibah.


Setelah wafatnya Ruqayyah yang kala itu menjadi istri Utsman bin Affan, Rasulullah kemudian menikahkan Ummu Kultsum kepada Utsman. Itulah kenapa Utsman bin Affan digelari dengan sebutan Dzun Nurain ( Pemilik dua cahaya ).

 

5. Fatimah Az – Zahra

 

Anak kelima Rasulullah  lahir di Makkah setahun setelah kelahiran Ummu Kultsum tepatnya saat rasulullah berusia 35 tahun. Ibnu Abbas mengisahkan bahwa bila Fatimah shalat maka muncul cahaya dari tubuhnya hingga menembus langit. Semenjak itu Fatima digelari Az – Zahra ( yang berkilauan ).


Fatimah menikah dengan Ali bin Abu Thalib dan memiliki 5 orang anak, yaitu Hasan, Husein, Muhsin, Zainab dan Ummu Kultsum. Melalui Hasan dan Husein inilah jalur keturunan Rasulullahberasall dan akan terus lestari hingga hari kiamat. Fatimah wafat di Madinah pada bulan Ramadhan 11 Hijriyah saat berusia 27 tahun. Fatimah adalah satu – satunya anak Rasulullah yang masih hidup setelah wafatnya Rasulullah.

 

6. Abdullah

 

Anak keenam Rasulullah sekaligus anak terakhir beliau bersama Khadijah adalah Abdullah. Karena anak ketujuh rasulullah tidak dilahirkan oleh khadijah, melainkan oleh Mariyah Al – Qibtiyah.


Ibnu Hajar Al – Asqalani meriwayatkan dalam kitabnya, Al – Ishabah bahwa Abdullah lahir di Makkah setelah Bits’ah sehingga beliau digelari dengan Ath – Thayyib Ath – Thahir ( yang baik dan yang bersih ). Mengacu kepada wahyu yang telah turun kepada Rasulullah. Namun, sebagaimana kakak laki – laki satu – satunya. Abdullah wafat pada masa kanak – kanak yaitu saat usianya belum genap dua tahun. Abdullah dimakamkan di Ma’la Makkah namun lokasi persis makamnya tidak diketahui.

 

7. Ibrahim

 

Anak Terakhir Rasulullah dilahrikan oleh Mariyah binti Syam’un Al – Qibtiyah seorang wanita mulia dari Anshita, Mesir yang dikirimkan penguasa mesir Raja Mauqauqis untuk Rasulullah, dan beliau menjadikannya sebagai istri.


Ibrahim lahir di Madinah pada akhir bulan Dzulhijjah tahun 8 hijriyah. Namun sebagaimana dua anak laki – laki Rasulullah sebelumnya yakni Al – Qasim dan Abdullah, Ibrahim pun wafat pada usia kanak –kanak. As – Suhaili dalam Raudhul Unfa Fi Syahri Sirah Ibnu Hisyam menyatakan bahwa Ibrahim wafat pada bulan Jumadil Akhir 10 Hijriyah. Itu artinya Ibrahim hanya hidup selama1 tahun 4 bulan. Jenazahnya dimakamkan di baqi madinah

Leave a Reply