Kumpulan Ide Kreatif dan Peluang Usaha Sampingan

Berbisnis di media online kini semakin digandrungi banyak orang. Namun sebanding dengan kepopulerannya, persaingan juga semakin ketat. Perlu adanya inovasi dan kreativitas tinggi agar bisnis bisa “menang”. Kumpulan ide kreatif dan peluang usaha sampingan ini mungkin bisa jadi referensi bagi Anda.

Kumpulan Ide Kreatif untuk Bisnis Online

Banyak yang bilang bahwa berbisnis di media online itu mudah, cukup modal smartphone lalu menawarkan produk dagangan melalui akun sosmed. Hal ini memang benar adanya, tetapi apakah Anda pernah berpikir tentang bagaimana caranya agar bisnis online bisa sukses dan bertahan lama?

Pengguna internet kini semakin jeli dan pintar dalam menilai sebuah produk. Maka dari itu, Anda perlu menciptakan bisnis yang berbeda dari yang lainnya. Berikut beberapa ide kreatif yang bisa Anda tiru untuk merintis bisnis online.

Minuman Kekinian

Ide kreatif yang pertama yakni menjual minuman kekinian. Minuman kekinian termasuk dalam ide peluang usaha yang cukup booming di tahun-tahun terakhir ini. Minuman kekinian yang cukup populer yakni kopi. Meskipun sebenarnya kopi memang sudah ada sejak lama.

Tapi jangan salah, kopi nyatanya bisa dikemas dengan menarik dan sukses mendapatkan perhatian dari pelanggan. Contohnya, kopi janji jiwa, kopi ini menampilkan kemasan yang unik, yakni dengan menuliskan kata-kata bijak yang bisa menggugah emosi pelanggan.

Kemasan yang unik ternyata mampu menjadi magnet bagi para pelanggan, khususnya para anak muda yang memang suka dengan hal-hal yang eye catching dan Instagramable. Anda bisa “meniru” cara jitu ini, ciptakan quote unik yang bisa menarik emosi pelanggan untuk terus membelinya.

Jasa Foto Produk

Membuka jasa foto produk juga bisa menjadi sebuah ide usaha sampingan yang cukup menjanjikan. Salah satu alasannya adalah, sampai hari ini penjual online sudah semakin banyak. Mulai dari penjual pakaian, sepatu, tas, dompet, buku, kosmetik, dan sebagainya.

Bagi mereka, foto produk yang unik dan menarik tentu menjadi sebuah keharusan agar produk mereka dilirik oleh followers. Sayangnya tidak semua penjual mampu memotret produknya dengan cantik. Inilah peluang emas bagi Anda, Anda bisa menawarkan jasa foto produk untuk mereka.

Perlengkapan yang perlu disiapkan adalah jelas kamera dan lighting yang bagus. Kedua, Anda juga perlu menyiapkan aneka properti yang unik. Pelanggan cukup mengirimkan produknya kepada Anda, kemudian tugas Anda adalah memotret produk dengan tampilan yang cantik dan beresolusi tinggi.

Baca: Prospek, Syarat dan Cara Memulai Peluang Usaha Loket Pembayaran Listrik 2020

Minuman Sehat

Hampir sama dengan bisnis kopi unik, kali ini Anda bisa membuat minuman sehat. Minuman sehat ini bisa Anda olah dengan resep yang inovatif, sehingga pelanggan akan penasaran dan tertarik untuk membeli. Selain enak, benefit yang harus Anda sampaikan adalah tentang kesehatan.

Yakinkan audiens Anda bahwa minuman yang Anda racik tersebut tidak hanya enak, tapi juga menyehatkan. Contoh menu minuman sehat diantaranya cendol organik, susu kedelai, susu almond, infuse water, dan masih banyak lainnya.

Jangan lupa untuk tetap memperhatikan kemasannya. Pilih botol food grade dan BPA free agar produk Anda tetap aman. Selain itu, Anda bisa pilih kemasan yang eye catching, perlu juga ditambahkan quote tentang kesehatan yang bisa menarik perhatian pelanggan.

Baca Juga:  Rugi! Jangan Mulai Usaha Minuman Kekinian Sebelum Melakukan Ini

Menjual Donat Unik

Meskipun donat merupakan makanan yang sudah populer sejak dulu, Anda tetap bisa mengolahnya menjadi produk yang unik. Misalnya menghias donat dengan aneka macam toping. Bisnis ini juga masuk dalam daftar ide peluang usaha modal kecil paling hits.

Anda bisa gunakan toping dengan rasa yang belum banyak digunakan. Misalnya, saus matcha, madu, taburan chia seed, keju mozarella, saus tomat manis, dan sebagainya. Jangan takut untuk menciptakan toping yang unik dan berbeda dari yang lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa menawarkan kepada pelanggan Anda untuk desain toping dengan tulisan. Misalnya tulisan “HBD, I Love U, Congrats” dan sebagainya. Donat dengan bentuk huruf-huruf di atasnya membuat tampilannya semakin cantik dan cocok untuk diunggah di Instagram.

Baca juga: 5 Ide Bisnis dan Peluang Usaha Makanan Ringan Untuk Pemula

Menjual Hasil Kerajinan

Anda bosan menjadi karyawan? Mungkin Anda bisa mencoba menjalani bisnis kewirausahaan. Salah satunya yakni dengan membuat sebuah kerajinan kemudian menjualnya, baik secara offline maupun online. Hal ini bisa menjadi ide dan peluang usaha kerajinan yang cukup menarik.

Anda bisa membuat beberapa aksesoris atau hiasan secara homemade. Misalnya, tas yang terbuat dari bahan bekas seperti bungkus minuman instan. Bisa juga membuat bandana dari kain yang dihiasi manik-manik, dan masih banyak ide yang lainnya.

Jika Anda merasa kurang mahir, Anda bisa mulai belajar dari youtube atau platform internet lainnya. Setelah Anda mulai mahir, mulailah untuk berkreasi lebih detail dan unik. Sebuah produk homemade biasanya memiliki daya tarik tersendiri, pelanggan juga merasa produk tersebut terasa istimewa.

Membuka Warung Kopi

Anda mungkin sudah kenal dengan istilah warung kopi atau angkringan. Meski ide dan peluang usaha kewirausahaan ini cukup menjanjikan, namun Anda jangan puas hanya dengan ikut-ikutan saja. Anda perlu memodifikasi bisnis ini menjadi lebih menarik dan terlihat berbeda dari yang lainnya.

Misalnya, jika pada umumnya angkringan menggunakan gerobak kayu, maka Anda bisa menggunakan gerobak kontainer dengan desain yang lebih modern dan kekinian. Jangan lupa bekerja sama dengan Go Food atau Grab Food agar pelanggan lebih mudah saat memesan.

Menggunakan cara unik bisa membuat image angkringan berubah. Jika semula angkringan dianggap sebagai warung kopi biasa untuk bapak-bapak, maka kali ini angkringan kekinian bisa dijangkau oleh semua kalangan, mulai dari remaja hingga orang dewasa.

Bisnis Florist

Peluang usaha adalah sebuah kesempatan emas yang seharusnya tidak boleh dilewatkan begitu saja. Termasuk untuk bisnis yang satu ini, yakni florist. Florist adalah sebutan untuk bisnis jualan bunga atau merangkai bunga.

Target market untuk bunga sangat luas, sehingga dijamin Anda tidak akan kehilangan pelanggan. Banyak orang yang sangat suka dengan bunga hidup. Biasanya mereka membeli untuk dijadikan hiasan di taman rumah mereka.

Di sisi lain, pernikahan akan selalu ada. Jelas, ini adalah sebuah peluang untuk bisnis merangkai bunga sebagai properti pengantin. Semakin unik bentuk buket bunga, maka akan semakin menarik minat pembeli. Pastikan Anda selalu belajar desain buket agar tampilannya selalu unik dan berbeda.

Menjadi Influencer

Ide bisnis yang terakhir yakni menjadi influencer. Saat ini sudah banyak influencer yang sukses, baik dari kanal Youtube, Instagram, maupun Tik Tok. Secara umum, influencer bisa diartikan sebagai orang yang memiliki pengaruh terhadap orang lain.

Menjadi influencer maka Anda harus siap mengasah kreativitas dengan lebih dalam lagi. Anda harus membuat konten video yang menarik. Tidak hanya itu, Anda juga harus bisa berbicara secara baik, benar, dan persuasif di depan kamera.

Itulah deretan ide bisnis yang bisa Anda pilih. Kira-kira nomor berapa yang cocok untuk Anda? Apapun pilihan Anda, pastikan Anda telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang sebelum memulainya.

Leave a Reply