KONSEP PIUTANG DAN PENGENDALIANNYA

Pengertian piutang

      bagaimana cara melakukan pengendalian piutang – Menurut pengertian akuntansi piutang adalah semu klaim dalam bentuk uang terhadap pihak lain,baik individu maupun perusahaan yang timbul dari penjualan barang dan jasa secara kredit
Sedangkan piutang dagang adalah piutang yang berasal dari penjualan barang dan jasa secara kredit yang merupakan kegiatan utama perusahaan.
Piutang dagang biasanya dikategorikan sebagai asset lancar,tetapi jika dalam konteksnya sampai bertahun-tahun maka dikategorikan sebagai piutang jangka panjang.
  •  Pengendalian piutang
          Pengendalian piutang adalah tindakan yang dilakukan perusahaan untuk mengamankan piutang dari pencurian atau penyalahgunaan dana.untuk bisa mengendalikan atau mengelola piutang dagang pimpinan perusahaan bisa mengambil tindakan sebagai berikut.
1.   1.  Menetapkan syarat kredit yang paling menguntungkan perusahaan yang meliputi :
  •  Jangka waktu kredit
  •  Potongan yang diberikan agar debitur tertarik untuk membayar lebih cepat,misalnya          3/8,n/30,2.

2. Memindahkan resiko piutang tidak tertagih ke perusahaan lain.Perusahaan ritel tidak menerima penjualan kredit tetapi hanya menerima penjualan tunai atau dengan kartu kredit,artinya resiko piutang tidak tertagih dipindahkan ke perusahaan yang mengelola kartu kredit.

3. Menetapkan prosedur yang baik untuk penagihan piutang.

4Menetapkan kebijakan dan prosedur pemberian kredit sehingga calon debitur benar-benar sudah diseleksi sebelum dilakukan penjualan kredit kepadanya.

5. Menjual piutang kepada perusahaan lain (anjak piutang).Dengan dijualnya piutang ,resiko piutang tidak tertagih dipindahkan ke pembeli piutang (factor). Demikin     bagaimana cara melakukan pengendalian piutang

Leave a Reply