Globalisasi : Pengertian, Contoh, Aspek, Dampak

 

1. Pengertian Globalisasi

Globalisasi : Pengertian, Contoh, Aspek, Dampak – Di zaman modern saat ini semua serba mudah. Kita bisa dengan mudah pergi belanja ke luar negeri, mudah untuk mendapatkan kabar berita dari manca negara, dan mudah untuk berkomunikasi dengan saudara meskipun terkendala jarak seperti berada di luar kota, luar negeri, bahkan di luar angkasa sekalipun.  Semua itu karena teknologi. Teknologi yang mempersempit ruang dan mempercepat waktu, Teknologi yang membuat hidup semakin mudah dan efisien. Dan itu semua merupakan contoh dari globalisasi.

Globalisasi sendiri berasal dari bahasa inggris dari kata Globalization atau globe yang artinya mendunia atau bola dunia. Atau bisa dikatakan jika globalisasi adalah suatu proses dimana antar individu, antar kelompok, dan antar negara saling berinteraksi, bergantung , terkait, dan mempengaruhi satu sama lain yang melintasi batas negara.


Adapun pengertian lain dari globalisasi adalah meluasnya pengaruh kebudayaan dan ilmu pengetahuan ke seluruh penjuru dunia. Bisa dibilang globalisasi itu identik dengan global village. yaitu dimana batas antar negara menjadi pudar karena adanya teknologi dan informasi.

Karena setiap orang bisa pergi kemanapun dengan cepat dan mudah menggunakan beragam transportasi modern seperti pesawat, kapal, kereta, mobil, dll. Selain dari itu interaksi dan komunikasi lintas negara sekarang sangat mudah untuk diakses melalui jaringan internet.

 

2. Aspek – Aspek globalisasi

Globalisasi memiliki beberapa macam karakteristik atau aspek yang diantaranya adalah 

  • Aspek Kultural, Meningkatkan interaksi kultural melalui perkembangan media massa
  • Aspek Geografi, Terkait dengan perubahan dalam ruang gerak dan waktu
  • Aspek Ekonomis, Memunculkan aktor – aktor transnasional seperti lahirya perusahaan multi nasional.

 

A. Aspek Globalisasi Menurut Ahli 

 

Menurut para ahli globaisasi ini juga terdapat beberapa aspek atau kategori yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan. Menurut Muhtarom, ada tujuh aspek globalisasi yaitu :

  • Globalisasi Informasi dan Komunikasi, Informasi dan komunikasi yang didukung teknologi dapat dilakukan dengan mudah dan efektif
  • Globalisasi Ekonomi, merupakan pengintegrasian ekonomi nasional nebangsa – bangsa kedalam sebuah sistem ekonomi global
  • Globalisasi Hukum, Globalisasi telah mengaburkan batas – batas kenegaraan dan tidak ada lagi negara yang mengklaim bahwa ia menganut sistem hukum nasional absolut
  • Globalisasi Politik, Kehidupan politik menyankgut berbagai macam kegiatan, bak yang dilakukan individu maupun kelompok kepentingan globalisasi menyangkut isu politik antara lain isu demokrasi dan hak asasi manusia atau HAM.
  • Globalisasi Ilmu Pengetahuan, Peradaban masa depan adalah peradaban yang didominasi ilmu pengetahuan IPTEK akan menjadi sumber kekuatan penting bagi suatu egara dalam mewujudkan kemakmuran.
  • Globalisasi Budaya, Melalui televisi, film, musik, berita, dsb menyebabkan bertemunya budaya dari berbagai negara
  • Globalisasi Agama, Proses globalisasi dapat menyentuh keagamaan terutama yang berhubungan dengan norma nilai, dan makna agama.

Globalisasi tidak terjadi secara otomatis tapi ada faktor penyebabnya yaitu ilmu pegetahuan dan ilmu teknolgi atau IPTEK. Dengan iptek akses iformasi dan transportasi gampang dijangkau dengan cepat dan mudah dunia serasa tanpa batasan ruang dan waktu, selain itu karena adanya pasar bebas transaksi ekonomi lintas negara bisa dilakukan dengan online, kita bisa dengan mudah belanja produk dari luar negeri hanya dengan gadget.

Iptek muncul sebagai akibat dari aktivitas untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Perkembangan kehidupan manusia yang lebih baik,mudah,murah,cepat dan aman merupakan tujuan iptelk

Iptek adalah sumber inforamsi yang berkaitan dengan teknologi baik berupa penemuan atau informasi perkembangan atau kemajuan pada bidang teknologi
Jadi semakin berkembangnya teknologi disuatu negara, maa akan semakin mudah warganya dalam mengakses informasi , berkomunikasi, dan saling bekerja sama sehingga mendukung globalisasi

Faktor lain dari globalisasi adalah migrasi. Migrasi adalah perpindahan penduduk dengan tujuan untuk menetap dari suatu tempat ke tempat lain, melampaui batas politk negara, batas administrasi atau batas bagian dalam suatu negara


Atau garis besarnya migrasi adalah perpindahan penduduk. Fenomena migrasi menjadikan warga lokal pribumi semakin terbiasa dengan adanya budaya asing yang baru.
Transparansi pers juga menjadi salah satu faktor dari globalisasi. Kabar berita dari berbagai daerah sangat mudah diakses, karena pers menjadi penghubung informasi bagi masyarakat dunia.

 

3. Dampak globalisasi

 

a. Ekonomi

Di sektor ekonomi transaksi ekonomi menjadi lebih mudah dan efisien melalui e – commerce atau perdagangan elektronik akan tetapi menjadi masalah jika produk lokal tidak siap bersaing pasar tradisional ditinggalkan yang akhirnya menyebabkan pengangguran bertambah kemudian menyebabkan kesenjangan hidup meningkat di masyarakat.

 

b. Sosial

Masyarakat menjadi semakin modern segala kebutuhan dapat dipenuhi dengan mudah melalui teknologi. Akan tetapi menjadi masalah jika masyarakat tidak dapat memfilter budaya asing menelan mentah – mentah budaya asing yang kadang tidak sesuai dengan budaya indonesia. Hal ini akan mengakibatkan degradasi budaya, degradasi moral, dan munculnya paham radikalisme.
Adapun dampak lain dari globalisai adalah sebagai berikut :

 

Dampak Positif Globalisasi

 

  • Akses informasi yang mudah di akses dan terbuka, komunikasi atau mendapatkan informasi di zaman iglobalisasi ini sangat murah, mudah, dan cepat.
  • Ilmu pengetahuan dan teknologi IPTEK semakin berkembang, karena globalisasi akan mendorong untuk memunculkan inovasi – inovasi di bidang teknologi guna mempermudah hidup manusia.
  • Meningkatnya pertumbuhan ekonomi, kerja sama dan perdagangan antar negara sangat mudah sehingga berdampak pada pertumbuhan ekonomi negara yang terkait.
  • Kesejahteraan taraf hidup masyarakat menjadi semakin terjamin, pendidikan, teknologi, kesehatan, pekerjaan, bahkan makanan, semakin maju dan bervariasi sehingga dapat membuat taraf hidup masyarakat semakin terjamin atau maju

 

Dampak Negatif Globalisasi

 

  • Hilangnya budaya tradisional, karena globalisasi dapat menyebabkan masyarakat cenderung untuk melupakan budaya tradisional yang di anggap kuno, dan menyerap budaya asiing yang bahkan tidak cocok dengan kultur negara.
  • Sikap individualisme meningkat, karena segala aktifitas bisa dilakukan secara online menyebabkan kurangnya rasa kepedulian antar manusia
  • Sifat konsumtif yang berlebihan
  • Hilangnya rasa cinta terhadap produk lokal dalam negeri
  • Rusaknya alam atau lingkungan hidup

 

4. Sikap dalam menghadapi Globalisas

Negara – negara maju biasanya menjadi kiblat atau menjadi poros daripada globalisasi. Contohnya seperti berkembangnya dan menyebarnya budaya k-pops di indonesia, atau dengan kata lain banyaknya masyarakat yang terpengaruh globalisasi dari Korea khususnya Korea Selatan.

Sikap yang harus diambil dalam mengahadapi globalisasi adalah :

  1. Menjadikan globalisasi sebagai media dan sarana dalam mengembangkan kreatifitas diri.
  2. Jangan terlalu berlebihan dalam mencintai budaya asing
  3. Jadikan globalisasi sebagai sarana untuk memperkenalkan budaya negeri sendiri.
  4. Menjadikan globalisasi sebagai sarana untuk menambah wawasan.

 

5. Kesimpulan

Jadi kesimpulannya bahwa globalisasi adalah meluasnya atau menyebarnya kebudayaan dari suatu negara atau bangsa ke negara atau bangsa lain yang ada di seluruh penjuru dunia karena dipengaruhi oleh perkembanga ilmu pengetahuan dan teknologi ( IPTEK ). Sehingga berdampak pada pendidikan, ekonomi, hukum, taraf hidup, dan khususnya kebudayaan. Terdapat banyak sekali dampak positif maupun dampak negatif dari globalisasi, sehingga kita harus bijak dalam menghadapinya.

Leave a Reply