DBMS adalah : Pengertian dan Komponen DBMS, SQL

 Pengertian dan Komponen DBMS, SQL Serta Macam – Macam Jenis Database

 

     DBMS atau Data Base Management System adalah sebuah sistem yang dibuat khusus untuk memudahkan pemakai dalam mengelola basis data. DBMS ini memiliki komponen – komponen pentting diantaranya adalah :


Kamus data yang digunakan untuk menyimpan deskripsi data yang digunakan dalam basis data. Setiap elemen dari kamus data antara lain memiliki tipe dan ukuran.

Utilitas adalah komponen DBMS yang digunakan untuk memudahkan pemakai menciptakan basis data dan tabel serta dalam memanipulasi data.

Pembangkit laporan merupakan komponen fasilitas yang disediakan untuk membuat laporan dengan mudah.

Pembangkit aplikasi adalah komponen dari DBMS yang digunakan untuk membuat aplikasi yang akan digunakan oleh pemakai ( biasanya dikenal dengan formulir ).

Keamanan akses, digunakan untuk mengatur hak akses pemakai.

Pemulihan sistem, adalah komponen yang berfungsi untuk mengembalikan data semula ke basis data sekiranya terjadi kegagalan sistem, dengan beberapa teknik diantaranya :

  • Mirroring, menyimpan data pada dua tempat penyimpanan yang berbeda
  • Reprocessing, melakukan pemrosesan dimulai dari suatu titik dimasa lalu ( check point ) sebelum kegagalan sistem terjadi.
  • Rollback, mengembalikan ke keadaan sebelum transaksi yang diproses mengalami kegagalan.

SQL

SQL ( Structure Query Language ) adalah bahasa yang digunakan untuk mengakses basis data yang tergolong relasional. Pemahamn terhadap SQL sangat bermanfaat karena bisa memanfaatkan untuk keperluan pemrograman. SQL tidak terbatas untuk mengambil data ( query ) tapi juga bisa dipakai untuk menciptakan tabel, menghapus tabel, menambah data ke tabel, menghapus data dari tabel, mengganti data pada tabel, dan berbagai operasi lain.
SQLsendiri memiliki eberapa peryataan diantaranya adalah :


  • Create database/table – adalah pernyataan untuk membuat database atau table
  • Drop database/table – untuk menghapus database atau table
  • Alter table – untuk merubah struktur table
  • Insert – untuk menambahkan data
  • Update – Untuk merubah data
  • Delete – Untuk menghapus data
  • Select – untuk mengambil atau menampilkan data

Berbagai jenis basis data

Basis data operasi, adalah basis data yang digunakan untuk menangani transaksi – transaksi di perusahaan.

Basis data terdistribusi, merupakan basis data yang disebarkan di beberapa tempat dengan tujuan kalau suatu tempat mengalami masalah, basis data dapat diakses dari tempat lain.
Basis data eksternal, adalah basis data yang berasal dari pihak luarorganisasi, yang disediakan penyedia basis data. Contohnya : data valas.

One comment

Leave a Reply