Dampak atau Inflasi terhadap masyarakat dan ekonomi di indonesia

https://www.lukmanadr.com/dampak-inflasi-terparah-di-indonesia-tahun-1998/(opens in a new tab)
https://www.lukmanadr.com/dampak-inflasi-terparah-di-indonesia-tahun-1998/(opens in a new tab)
Dampak atau Inflasi terhadap masyarakat dan ekonomi di indonesiaTahukan kalian pada tahun 1998 indonesia pernah mengalami inflasi terparah sepanjang sejarah kemerdekaan Indonesia yang menyebabkan setengah populasi negara Indonesia ini menjadi miskin. Selain itu dampak inflasi yang terjadi juga menyebabkan puluhan juta orang terkena PHK. Dan juga harga – harga komoditas yang harganya naik pesat. Masih banyak dampak inflasi yang terjadi di Indonesia sebelum kita bahas lebih lanjut kita pahami terlebih dahulu apa itu inflasi.

1. Apa Pengertian Inflasi

Sejak kecil sudah mengenal benda yang namanya uang, ketika kita ingin jajan dan membeli sesuatu kita pasti akan merengek meminta uang untuk membeli es krim, permen, snack, atau pun jajanan lainnya. begitu pula ketika kita sudah dewasa kita sudah mulai mengerti dan paham tentang pentingnya uang. oleh karena itu biasanya diusia remaja atau dewasa jika ingin sesuatu akan menabung untuk mendapatkannya. jadi sudah terbukti bahwa uang adalah suatu benda yang penting dalam kehidupan saat ini.
Uang berfungsi sebagai alat yang mendorong pembangunan ekonomi nasional dan juga uang juga sebagai alat untuk mengontrol stabilitas harga komoditas barang dipasar. oleh karena itu perlu pengelolaan yang ketat terhadap uang ini karena jika sampai terjadi semisal peredaran uang yang terlalu berlebihan maka hasilnya akan terjadi yang namanya inflasi.

 
inflasi adalah suatu hal yang menyebabkan peningkatan harga – harga barang secara umum dan peningkatan tersebut terjadi secara terus – menerus yang disebabkan oleh berbagai macam faktor. inflasi sebenarnya berdampak baik dalam mendongkrak perekonomian negara asalkan inflasi yang terjadi tersebut dalam tingkatan rendah seperti 0,04%. begitupun sebaliknya inflasi akan merusak perekonomian nasional apabila inflasi yang terjadi angkanya terbilang tinggi seperti dalam kisaran >50%.

2. Dampak Inflasi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bawa jika inflasi yang terjadi berada pada tingkatan yang rendah dan terkontrol al tersebut akan mendorong pertumbuhan ekonomi negara tapi sebaliknya jika inflasi yang terjadi dalam tingkatan yang tinggi maka dampak yang akan terjadi adalah menyebabkan penrunan daya beli masyarakat dan setelanya akan menyebabkan kesenjangan pendapatan masyarakat semakin lebar.
 
Selain itu inflasi yang tinggi juga akan berdampak pada investasi negara karena melemahnya sektor ekonomi negara akan menghambat investasi asing dalam suatu negara dampak terburuknya para investor  akan angkat kaki dan membawa seluruh aset nya ke luar negeri.
 

3. Inflasi Di Indonesia

Sepertinya seluruh negara yang ada di dunia pernah mengalami inflasi tak terkecuali di indonesia.

Apakah inflasi yang terjadi di indonesia terkendali atau tidak?

Inflasi yang terjadi di negara Indonesia jika dibandingkan dengan negara – negara berkembang lain termasuk dalam kategori inflasi yang tinggi. karena pada periode tahun 2004 sampai dengan 2014 tingkat inflasi rata – rata negara – negara berkembang selain Indonesia berada pada kisaran 3 – 5 persen sedangkan Indonesia memiliki rata – rata tingkatan inflasi pertahunnya dikisaran 8,5%. meskipun begitu satu tahun berikutnya yakni pada tahun 2015 inflasi di Indonesia bisa dikatakan terkendali.
 
Indonesia juga pernah mengalami krisis Infalsi yang parah juga loh, tingkat inflasi yang terjadi bahkan sampai tembus di angka 77,63%. krisis inflasi tersebut terjadi pada krisis ekonomi tahun 1998. pada saat itu rakyat indonesia benar – benar di uji dalam bertahan hidup, pasalnya dampak dari inflasi yang terjadi menyebabkan kenaikan harga pada seluruh barang. bayangkan saja pada pagi hari harga beras berkisar Rp 2500 per kilo dan pada siang harinya harga beras bisa naik menjadi Rp 5000 per kilo bahkan lebih. 
Selain meningkatnya harga – harga barang inflasi yang terjadi saat itu juga menyebabkan PHK ( Pemutusan hubungan kerja ) besar – besaran dan bahkan angka orang yang terkena PHK berjumlah 20 juta jiwa. dan dampak lainnya dari krisis ekonomi pada tahun 1998 adalah bertambahnya angka kemiskinan indonesia yang mencapai angka 50% dari jumlah populasi. 

4. Cara Mengendalikan Inflasi

Karena inflasi ini merupakan permasalahan yang mencakup lingkup nasional maka pihak yang berwenang untuk mengendalikan infalsi yang terjadi adalah pemerintah. pemerintah dalam pelaksanaannya guna mengendalikan tingkat inflasi adalah melakukan langkah – langkah berikut :

1. Menetapkan Kebijakan Moneter

Kebijakan moneter yang di maksud adalah untuk mengatur peredara uang yang terjadi di masyarakat untuk mencapai suatu tujuan dan hal yang bisa dilakukan dalam mengatur uang tersebut adalah seperti :
  • Membatasi pemberian  kredit
  • Membatasi jumlah uang yang beredar
  • Menaikan cadangan kas negara

2. Melakukan Kebijakan Fiskal

Kebijakan fiskal adalah kebijakan yang dibuat dan ditetapkan oleh negara yang tujuannya untuk mengarahkan perekonomian negara. Contoh dari kebijakan fiskal adalah sebagai berikut :
  • Mengurangi pengeluaran negara
  • Mengurangi hutang luar negeri
  • Mengefektifkan pajak
Ternyata selain pemerintah masyarakat juga bisa ikut andil membantu mengendalikan inflasi loh. andil yang bisa dilakukan oleh masyarakat adalah dengan :
  • Membeli barang – barang yang dibutuhkan
  • Mencintai Rupiah
  • Membeli produk dalam negeri

Demikian Dampak atau Inflasi terhadap masyarakat dan ekonomi di indonesia terimakasih.

Leave a Reply