Contoh Piranti Masukan Dalam Sistem Komputer

Daftar isi

Pengertian Piranti Masukan (Input Device) Dalam Sistem Komputer Beserta Contohnya

     Peranti masukan atau input device merupakan perangkat keras komputer yang memungkinkan pemasukan data ke dalam sistem komputer. Dalam hal ini peranti masukan dapat berupa huruf, angka, gambar, suara, audio dan video, bahkan sebuah gerakan pun bisa menjadi peranti masukan.

Adapun dalam aplikasi fungsinya peranti masukan tergolong dalam beberapa golongan kategori seperti : peranti pengetikan, peranti gambar, peranti suara, peranti video, peranti gerakan, dll.

1. Peranti Pengetikan

Peranti pengetikan dapat dipergunakan untuk memasukan data ataupun perintah, peranti ini meliputi :

A. Keyboard

Keyboard merupakan peranti pemasukan data yang dapat mengubah huruf, angka atau kode lain menjadi isyarat listrik yang dapat diproses komputer.

Tombol-tombol pada keyboard dapat dibagi menjadi ;

  • Tombol pengetikan, susunan tombol pada keyboard tidak sama dengansusunan alphabet konvensional yang mana huruf a sampai dengan huruf z saling berurutan, tetapi di keyboard susunan tombol penulisannya menerapkan sistem yang disebut sebagai QWERTY.
  • Tombol angka, tombol angka yang ada di keyboard tentu saja hanya menggunakan angka arab seperti 0123456789, dan untuk selain angka arab biasanya dapat diakses hanya melalui aplikasi word saja.
  • Tombol fungsi,Tombol fungsi pada keyboard biasanya terletak dibagian atas tombol numerik simbol dari tombol fungsi ini berupa tombol numerik dari angka 1 sampai dengan angka 12 tetapi yang membedakan dengan tombol numerik biasa adalah di setiap tombol ditambahkan huruf ‘F; yang berarti function. Dan setiap tombol fungsi memiliki fungsi yang berbeda.
  • Tombol kontrol, tombol kontrol disini maksudnya adalah tombol yang berfungsi sebagai alternatif biasanya berupa kontrol  atau mengendalikan gerakan kursor atau layar.

    B. Automated teller machine atau Anjugan Tunai Mandiri ( ATM )

    Contoh peranti pengetikan yang memiliki tugas khusus adalah automated teller machine atau anjungan tunai mandiri ( ATM ), merupakan sebuah mesin pengetikan yang memungkinkan melakukan transaksi pengambilan uang tunai, pembayaran tagihan, transfer uang, dan transaksi  e – commerce. Prinsip kerja dari mesin atm ini adalah dengan memasukan sebuah id card dan ketikan program pada mesin.

    C. Point of Sales ( POS )

    Point of Sales merupakan peranti yang digunnakan pada toko-toko untuk memasukan data pembelian, selain keyboard terdapat fasilitas untuk memproses kartu debit atau kredit. Tetapi mesin POS ini bisa dibilang sebagai teknologi lama karena saat ini mesin yang digunakan di toko-toko merupakan mesin yang lebih otomatis seperti scanner tetapi tidak dipungkiri juga bahwa eksistensi mesin POS ini masih tinggi.

    2. Peranti Gambar

    Setelah input device peranti pengetikan ada juga peranti gambar yang mana peranti ini selalu berhubungan dengan objek yang berbentuk 2D. peranti gambar terbagi menjadi 2 bagian yaitu penunjuk dan pengambilan.

    A. Penunjuk

    Peranti penunjuk digunakan untuk memilih data atau perintah dilayar monitor, peranti ini diantaranya : Mouse, trackball, pointing stick, touchpad, touch screen, joystick, peranti penunjung yang berupa pena, light pen, digitizing tablet.

    B. Gambar

    dalam peranti gambar ini terdapat 2 jenis, yaitu pengambil gambar terformat dan pengambil gambar tidak terformat.

    C. Pengambil Gambar Terformat

    Ada berbagai jenis peranti masukan yang dapat dipergunakan untuk mengambil citra terformat, dalam arti bentuk atau format hurufnya sudah ditentukan. Adapun yang termasuk kedalam kategori ini adalah :

    • Barcode reader, yang membaca pola garis hitam putih, umumnya pada produk-produk ayang di perjual belikan.

    • MICR ( Magnetic Ink Character Recognition ), peranti yang berfungsi membaca karakter-karakter khusus yang dicetak dengan tinta khusus.

    • OMR ( Optical Mark Recognition ), Befungsi untuk membaca blok tulisan pensil dan mengubahnya menjadi bentuk yang dapat digunakan dalam komputer konvensional.

    • OCR ( Optical Character Recognition ), Sebuah peranti yang berfunsi untuk mengkonversi teks pada kertas dan mengkonversi nya menjadi bentuk digital.

    D. Pengambil Gambar Tidak ter – Format

    Untuk pengambilan gambar tidak terformat ini ada berbagai jenis alat yang bisa digunakan seperti :

    • Image Scanner, berfungsi melakukan scanning pada suatu objek biasanya berbentuk tulisan pada buku yang akan di konversikan pada komputer menjadi sebuah teks dokumen

    • Kamera digital, sebuah peranti yang berfungsi sebagai media pengambilan objek yang hasilnya bisa dicetak.

    • Pembaca retina mata, pembaca retina mata biasanya digunakan dalam unsur medis untuk mengetahui sebuah penyakit atau juga bisa digunakan dalam unsur keamanan tingkat tinggi.

    3. Peranti Suara

    Beberapa jenis peranti dapat digunakan untuk menangkap masukan suara agar dapat diubah menjadi isyarat digital. Penangkapan masukan suara biasanya dilakukan melalui alat yang disebut mikrofon ( Microphone ). Dalam perkembangannya muncul alat yang disebut ASR ( Automatic speech Recognition ) yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak yang dapat mengenali kata-kata yang di keluarkan oleh manusia.

    A. Microphone

    Mikrofon dan ASR ini sangat berperan penting dalam peranti suara. Dimana mikrofon memiliki prinsip kerja mengubah tekana udara karena adanya suara, menjadi variasi isyarat listrik. Meski begitu terdapat beberapa jenis mikrofon diantaranya ; mikrofon karbon, mikrofon dinamis, mikrofon pita, mikrofon kondensor, mikrofon kristal.

    Adapun mikrofon yang mana jika kita ingin mendapatkan suara yang bersih mikrofon dikelompokan menjadi ; Omnidirectional, unidirectional, noise canceling, echo canceling.

    B. ASR ( Automatic Speech Recognition )

    Tidak lupa ASR ( Automatic Speech Recognition ) yang mempunya prinsip kerja dapat mengenali masukan berupa kata-kata dalam kalimat karena dalam sistemnya ASR memiliki fitur penganalisis, pengklasifikasi pola, dan pemroses bahasa.

    Ada beberapa jenis ASR saat ini yaitu ; Discete ASR, Continuous ASR, Speaker independen ASR, dan Speaker Dependent ASR.

    C. Touchtone

    Touchtone atau sering disebut DTMF ( Dual Tone Multi Frekuensi ) adalah sebuah peranti suara yang dapat menerima masukan dari telpon untuk memasukan informasi atau perintah. Pada prakteknya touchtone tidak bekerja sendiri, tetapi dirangkai dengan peranti-peranti lain guna mengendalikan atau menjalankan suatu komputer secara otomatis atau dari jarak jauh.

    Contoh dari touchtone ini adalah ; Fasilitas layanan informasi saldo rekening bank, dengan menekan tombol tertentu, memaukan nomor rekening dan akan mendapat informasi yang diminta.

    D. Peranti Video

    Peranti video sebenarnya hampir sama dengan peranti gambar bahkan alat yang digunakan dalam kedua peranti ini sama yaitu menggunakan kamera. Tetapi yang membedakan kedua peranti ini adalah gambar yang dihasilkan, dimana dalam peranti video gambar yang dihasilkan merupakan gambar yang bergerak dari suatu objek dalam suatu kejadian.

    Untuk merekam gambar yang begerak sering disebut sebagai video camera recorder atau camcorder. Karena gerakan merupakan isyaratanalog, isyarat ini perlu diubah menjadi isyarat digital, pengubahan ini dilakukan oleh kartu video capture dan kamera dapat merekam 30 frame per detik sehingga memberikan efek kontinu pada gerakan citra.

    E. Peranti Gerakan

    Peranti gerakan biasanya berfungsi berdasarkan dari sebuah gerakan tertentu atau bahkan bebas seperti untuk memantau grakan manusia yang banyak dimanfaatkan pada virtual reality. Tetapi dalam peranti gerakan ini membutuhkan banyak sekali perangkat seperti VR tadi harus mempergunakan perangkat glove, headset dan walker.

    Leave a Reply