Contoh Piranti Keluaran ( Output ) Softcopy

Pengertian dan Contoh Piranti Keluaran ( Output Device ) Softcopy


1. Pengertian

     Peranti keluaran ( Output device ) adalah peranti yang menampilkan hasil pengolahan, hasil pemasukan data atau perintah pada komputer. BErdasarkan hasil keluaran, peranti keluaran dapat digolongkan menjadi softcopy dan hardcopy.


A. Softcopy merupakan hasil dari output device yang menghasilkakn keluaran berupa tampilan pada monitor berupa suara. sedangkan

B. Hardcopy merupakan hasil dari outpput device yang memberikan hasil berupa bahan cetakan baik berupa kertas, plastik transparan, microfilm, maupun microfiche.

Adapun perangkat penunjang dari output device diantaranya monitor, printer, printer impact, printer inkjet, printer laser,plotter, perangkat audio, dll.

2. Monitor

Monitor merupakan peranti keluaran atau output device yang menghasilkan softcopy berupa gambar. Berdasarkan teknologi pembuatannya, monitor terbagi menjadi CRT ( Cathode Ray Tube ), Layar datar ( Flat Panel Display ) yang terbai menjadi tiga ; LCD, EL dan plasma. Ukuran monitor seperti pada TV yakni didasarkan pada panjang diagonal dari area yang dapat dilihat, umumnya : 15, 17, 19, 20, 22 inch dan untuk laptop kisaran 12 sampai dengan 17 inch. Dan juga resolusi pada monitor ditentukan oleh jumlah pixel yang merupakan titik terkecil di layar, sebagai contoh resolusi full HD adalah 1920 x 1080 pixel.

Pada monitor ada istilah yang namanya Dot Pitch ( DP ) yang merupakan jarak antar dua piksel, semakin dekat jaraknya, maka pada monitor akan semakin halus, sebagai contoh, 28dp berarti jarak antara dua piksel 28/100mm. Selain istilah dot pitch ada juga yang disebut kecepatan refresh yang menunjukan jumlah penyegaran ulang piksel per detik, sehingga tampilan piksel tetap jelas. semakin tinggi kecepatan refresh maka tampilan layar akan semakin nyata, umumnya 60 sampai 75 Hz, adapula yang kecepatan refreshnya 100 sampai dengan 120 Hz.

Mengenai tampilan monitor memiliki kedalaman warna ( Color Depth ) dengan jumlah bit yang dipergunakan untuk menyimpan ketentuan tentang sebuah piksel, menentukan banyaknya variasi warna yang dapat dihasilkan oleh sebuah monitor.

Jika bit monitor semakin besar maka warna yang dihasilkan semakin banyak misalkan :
  • Monitor dengan jumlah 1 bit jumlah variansi warnanya hanya 2  atau Monochrome

  • Monitor 2 Bit jumlah variansi warnanya adalah 4 ( CGA )

  • Monitor 4 Bit jumlah variansi warnanya adalah 16 ( EGA )

  • Monitor 8 Bit jumlah variansi warnanya adalah 256 ( VGA )

  • Monitor 16 Bit Jumlah variansi warnanya adalah sekitar enam puluh lima ribu lima ratus tiga puluh enam ( 65,536, High color, XGA )

  • Monitor 24 Bit jumlah variansi warnanya adalah kurang lebih enam belas juta tujuh ratus tujuh puluh tujuh ribu dua ratus enam belas ( 16,777,216, True color, SVGA )

  • Dan Monitor dengan ukuran 32 Bit memiliki jumlah variansi wara sekitar enam belas juta tujuh ratus tujuh puluh tujuh ribu dua ratus enam belas  ( 16,777,216 True Color + Alpha Channel )

    3. Jenis – Jenis Monitor

    1. Cathode Ray Tube ( CRT ) merupakan jenis monitor yang memiliki layar yang terbuat dari tabung hampa, hal ini membuat monitor CRT memiliki ukuran relatif besar dibandingkan LCD.
    2. Monitor LCD adalah jenis monitor yang menggunakan dua teknik untuk menghasilkan warna yaitu, passive matrix dan active matrix.
    3. Monitor Plasma merupakan jenis monitor ang menggunakan gas untuk mengeluarkan cahaya.
    4. Monitor Electroluminescent ( EL ) merupakan monitor yang mengandung bahan yang bercahaya manakala dialiri listrik, sebuah piksel terbentuk pada saat arus listrik di kirim ke perpotongan baris dan kolom yang sesuai.
    5. Organic Light – Emitting Diode ( OLED ) atau diode cahaya organik merupakan sebuah semi konduktor sebagai pemancar cahaya yang terbua dari lapisan organik, OLED digunakan dalam teknologi elektroluminensi.

    One comment

    1. Very much informative Article

      #streetfood #streetfoodindia #streetfoodofindia #punjabstreetfood #streetfoodofpunjab #jagatgyaan #food #foodie #foodlover

    Leave a Reply