Cara menghilangkan demam balita

Cara mengatasi demam pada anak tanpa memakai obat-obatan

Musim yang terjadi sekarang ini adalah musim yang tak bisa diprediksi, pagi hujan terus siangnya panas.hal tersebut bisa membuat metabolism tubuh kita menurun sehingga pada musim seperti ini banyak orang yang jatuh sakit tak terkecuali anak-anak.penyakit yang timbul biasanya di tandai dengan flu ataupun demam.pasti para orang tua enggan memakai obat-obatan pada anak karena berhubungan mengenai umur anak dan kompsisi si obat itu sendiri ditakutkan terlalu keras bagi anak. Nah disini saya akan berbagi tips bagaimana cara mencegah dan mengobati anak jika terkena demam atau flu tanpa harus menggunakan obat.

  • Pencegahan

1. menjaga kebersihan

 menjaga kebersihan itu penting guna terhindar dari kuman penyebab penyakit.bagi para orang tua perhatikanlah kebersihan rumah dan kebersihan buah hati anda karena biasanya si kecil lebih cuek mengenai kebersihan.

2. Menjaga pola makan

 Selain mencegah dari luar kita juga seharusnya juga membarengi dengan mencegah dari dalam dengan menjaga pola makan anak kita,cobalah untuk menerapkan pola makan 4 sehat dan 5 sempurna karena hal itu sangat penting bagi metabolism tubuh.

3. Imunisasi

 Pencegahan lainnya adalah dengan imunisasi,karena imunisasi juga merupakan langkah untuk meningkatkan metabolisme tubuh serta untuk menambah nutrisi tubuh anak.

  • Pengobatan

1. Menggunakan bawang merah

 Jika anak terlanjur terkena demam dan flu salah satu cara mengobatinya adalah dengan mengoleskan salep bawang merah ke punggung atau perut karena bawang merah efektif untuk menurunkan panas dan sekaligus membuat anak kita hangat.
Cara membuat salep bawang merah itu cukup mudah hanya dengan memblender satu atau dua biji bawang merah yang sedikit ditambah minyak zaitun.

2. Di press menggunakan air dingin

Dan cara lainnya adalah dengan di press menggunakan air dingin,karena untuk menurunkan suhu tubuh kita memerlukan sesuatu yang dingin,
caranya adalah dengan lakukan press di dahi hingga suhu tubuh anak dirasa telah stabil.
Nah itulah beberapa cara paling efektif untuk mengobati si anak dari demam dan flu tanpa harus dengan obat-obatan,sebenarnya daripada mengobati kita sebaiknya focus ke pencegahannya karena mengobati lebih mahal daripada pencegahan.




Thanks

Leave a Reply