Berwisata Di Yogyakarta Hanya 600 Ribu Paket Lengkap

 

Wisata Jogja

Berwisata Di Yogyakarta Hanya 600 Ribu Paket Lengkap – Liburan atau travelling merupakan sebuah kegiatan bepergian dari satu tempat ke tempat lain guna mendapatkan kepuasaan. Tetapi dalam kenyataannya dalm berlibur dibutuhkan juga dana yang cukup dan jika dana yang disiapkan tidak cukup pasrah saja tidak dapat menyambangi tempat wisata yang diinginkan. Nah, kebetulan mengenai biaya liburan saya mepnyai sebuah tips agar kita bisa berlibur dengan biaya seoptimal mungkin. Bagaimana caranya? Simak saja artikel ini.



Dan perlu diingatkan bahwa artikel ini ditulis pengalaman pribadi saya saat beberapa waktu lalu berlibur ke kota yogyakarta dari budget yang di hitung awalnya membutuhkan sekitar 2,5 juta tetapi bisa saya optimalkan menjadi 600 ribu saja dan itupun sudah termasuk membeli oleh – oleh ( bakpia pathok ) serta  masih ada uang sisa. Dari budget 600 ribu tersebut banyak fasilitas dan akomodasi yang saya dapatkan, dan ini dia :


  • Penginapan ( 1 hari 2 malam )
  • Makan ( 3 kali, pagi, siang, malam )
  • Transportasi
  • Oleh – Oleh
  • Biaya Tiket Masuk Tempat Wisata
  • Dan Biaya Lain – Lain 

Untuk mendapatkan semua akomodasi dan fasilitas tersebut ada beberapa tips yang sangat efisien sehingga bisa mengoptimalkan biaya seminim mungkin. dan berikut adalah cara nya.

 

1. Ajak Banyak Orang Berlibur Bersama


Seperti yang saya jelaskan sebelumnya bahwa saat saya liburan ke kota yogyakarta beberapa waktu lalu saya hanya menggunakan sekitar 20% lebih anggaran dana yang saya siapkan sekitar 2,5 juta, kepana bisa seperti itu? Jika saya analisis kembali kenapa saya bisa hanya menggunakan 20% anggaran ternyata kuncinya ada dari jumlah orang yang ikut berlibur ternyata semakin banyak orang ikut maka semakin kecil biaya yang harus dikeluarkan. Karena pada prinsipnya berlibur secara berkelompok mengahruskan kita untuk saling patungan dalam pembiayaan semisal :

  • yang menjadi sumber pengeluaran terbesar saya waktu itu adalah untuk penginapan karena untuk menyewa sebuah penginapan per satu malam rata – rata –ita harus merogoh kocek sekitar 500 ribu rupiah. Tetapi saat dihitung secara berkelompok waktu itu saya hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar 50 ribu saja. Hanya dengan mengajak banyak orang untuk liburan bersama kita bisa memotong sekitar 90% dana.

 

2. Buat Rundown Acara


Untuk mengoptimalkan dana lainnya adalah dengan menyiapkan rundown acara sebelum liburan. Rundown acara disini adalah semacam rangkaian jadwal atau daftar tempat yang ingin dikunjungi. 

Emang apa hubungan rundown acara dengan biaya? 


Tentu ada hubungannya dengan rundown acara ini kita bisa memanage waktu, contohnya :

  • Wisata Candi Prambanan berdasarkan informasi yang saya dapat terakhir tutup sekitar jam 17,00 dan jika dari Malioboro membutuhkan waktu perjalanan paling lama sekitar 1 – 1,5 jam menggunakan trans jogja, dan waktu perjalanan sekitar 45 menit jika menggunakan transportasi umum berbasis online. Jika dari segi waktu tempuh tentu saja menggunakan transportasi online lebih menguntungkan tetapi jika dilihat dari segi biaya tentu saja akan berfikir 2 kali.
  • Biaya menggunakan Trans Jogja dari jalan Malioboro sampai ke Prambanan hanya butuh 5000 rupiah sedangkan menggunakan taksi online membutuhkan biaya sekitar 10 kali lipatnya atau sekitar 50 ribu rupiah. Kita bisa memotong biaya sampai 10 kali lipat hanya dengan memanage waktu.

 

3. Memasak Secara Mandiri


Nah tips lainnya untuk menghemat pengeluaran adalah dengan memasak makanan sendiri. Memasak makanan sendiri memberikan banyak sekali keuntungan dan yang pasti dalam segi pembiayaan sangat berperan besar untuk mengoptimalkan pengeluaran asalkan jangan malas. Karena seperti yang dialami teman saya saat berlibur, saya lebih memilih untuk membeli bahan makanan ke pasar terdekat dan menghabiskan uang sekitar 50 ribu untuk membuat sebuah makanan yang cukup untuk 1 hari penuh ( sarapan, makan siang, dan makan malam ) tetapi teman saya karena malas dia memilih untuk makan di restoran.

Dan apa yang terjadi? Dia hanya memesan 2 porsi makanan yang terdiri dari cah kangkung dan nasi yang harus dibayar sekitar 70 ribu rupiah untuk satu kali makan, berbeda dengan saya yang bisa sampai satu hari penuh atau 3 kali makan dengan porsi yang lumayan banyak tentunya.

 

4. Tidak Malas Untuk Berjalan Kaki


Tidak malas untuk berjalan kaki juga membantu mengoptimalkan biaya, jika harus berpindah sejauh 1 – 2 kilo meter tidak ada salahnya untuk berjalan kaki ketimbang naik transportasi umum. Selain sehat tentu juga hemat.

 

5. Prioritaskan Pengeluaran


Seperti yang sudah dijelaskan diatas prioritaskan biaya untuk hal – hal penting seperti digunakan untuk :

  • Membayar tiket masuk tempat wisata yang akan dikunjungi 
  • Untuk membeli oleh – oleh 
  • Tiket kereta/bus
  • DSB 


Jangan gunakan uang  yang dimiliki untuk membel hal – hal yang dirasa kurang pentig jika kalian tetap memaksa atau tidak bisa menahan hasrat untuk belanja ya kalian akan mendapatkan konsekuensinya karena pada akhirnya kalian hanya akan merasa menyesal saat melakukan perhitungan pengeluaran.


Itulah sedikit tips berlibur murah.karena pada intinya liburan itu tujuannya untuk merefresh pikiran kita agar stress hilang bukannya untuk menambah stress karena memikirkan uang yang tebuang percuma.

Leave a Reply