Apa itu Data Warehouse? Ini Penjelasannya

Apa itu Data Warehouse? Ini Penjelasan Rincinya

1. Pengertian Data Warehouse

      Data warehouse adalah basis data yang dibedakan dengan basis data operasional berdasarkan rentang waktu data yang ditangani. Rentang basis data operasional adalah sekarang sampai dengan 60 – 90 hari, sedangkan rentang waktu data warehouse adalah 5 – 10 tahun. Dengan demikian data warehouse menampung data sejarah yang cukup panjang.

2. Olap ( Online Analytical Processing )

Olata atau online analytical processing adalah jenis perangkat lunak yang digunakan unuk melakukan permintaan terhadap data dalam bentuk yang kompleks dan bersifat sementara serta sewaktu – waktu. Olap memanipulais dan menganalisa data bervolume besar dari berbagai perspektif ( multidimensi ), oleh karena itu seringkali disebut analisis data multi dimensi.


Kadangkala permintaan yang ditangani OLAP bisa dilaksanakan dengan perintah SQL sederhana, tapi dalam banyak kasus tidak dapat diekspresikan dengan SQL.
Dan olap dapat digunakan untuk :

  • Konsolidasi, yang melibatkan pengelompokan data

  • Drill – down, kebalikan konsolidasi, dimana data yang ringkas dijabarkan menjadi data yang lebih detail.

  • Slicing dan dicing ( pivoting ), menjabarkan pada kemampuan untuk melihat data dari berbagai sudt pandang.

3. Data Mining

Data mining adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengidentifikasi tern atau pola yang terdapat pada himpunan data yang sangat bbanyak dengan sedikit masukan dari pemakai. Perangkat lunak ini mampu menemukan pola – pola tersembunyi maupun hubungan – hubungan yang terdapat dalam basis data yang besar dan menghasilkan aturan – aturan yang digunakan untuk memperkirakan perilaku dimasa datang.

4. Bussiness intelligence

Business intelligence ( BI ) adalah semua aplikasi teknologi informasi yang ditunjukan untuk mendapatkan data atau informasi yang dibuthkan oleh organisasi dalam rangka pengambilan keputusann. Aplikasi BI ini umumnya mengambil data ang berasaal dari data warehouse. Aplikasi BI juga melibatkan piranti yang dapat dirancang secara khusus untuk mengambil data, menganalisa data, memvisualisasikan data, dan membuat laporan. Pada prinsipnya aplikasi BI mencakup semua kegiatan DSS, query, pelaporan, OLAP, analisis statistik, peramalan dan data mining.

5. ERP ( Entreprise resource planning )

ERP ( Enterprise resource planning ) adalah merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk menangani manajemen produksi di dalam perusahaan. Secara prinsip ERP menggunakan basis data terpusat untuk mendukung fungsi – fungsi produksi, pembelian, keuangan, logistik dan SDM. Ummnya produk ini berupa modul – modul yang dapat dirangkai sesuai dengan kebutuhan perusahaan. ERP juga mempunya keunggulan antara lain :

  • Mengintegrasikan berbagai tempat dan unit – unit bisnisdan menyediakan keunggulan srategis terhadap pesaing


Pemasok yang terkenal sebagai pemasok ERP diantaranya adalah :

  • SAP AG ( jerman ) : SAP R/3, S/4 HANA
  • Oracle ( America serikat ) : Oracle ERP Cloud R13
  • Microsoft ( Amerika Serikat ) : Microsoft Dynamics #65


Terdapat pula produk ERP Open source, seperti :

  • Compiere
  • Adempiere/ Idempiere
  • Open Bravo
  • Open ERP ( Odoo )
  • WebERP

Leave a Reply