Anak Susah Makan? Berikut 6 Cara Mengatasinya

6 Cara Agar Anak Tidak Susah Makan – Mempunyai anak dan menjadi orang tua adalah bonus yang bisa didapat setelah menikah. Tentu saja meskipun begitu menjadi orang tua bukanlah sebuah perkara yang mudah.  Orang tua diharuskan mendidik dan mengawasi tumbuh kembang  si kecil agar  salah satunya adalah memperhatikan asupan gizinya. Tapi ada masalah yang sering dihadapi para orang tua mengenai asupan gizi ini, yaitu si kecil yang susah bahkan tidak mau makan. 


Pasti repot sekali ya, kalau si kecil mulai susah makan. Apalagi saat memasuki usia balita, ia membutuhkan nutrisi lebih banyak. Tapi tenang saja ada beberapa hal yang dapat mengembalikan nafsu makan si kecil.

 

6 Cara Menambah Nafsu Makan Anak


1. Biarkan Anak Menentukan Porsinya

Saat memberi anak makan, berikan porsi yang berbeda dan biarkan si kecil makan sebanyak mereka mau. Jangan memaksanya untuk menghabiskan setiap porsi makanan yang anda berikan.

2. Batasi Ngemil

Memberi camilan seperti biskuit boleh saja. Tapi buat jadwal khusus untuk hal tersebut. Jika si kecil dibiasakan untuk sering makan camilan dapat mempengaruhi rasa lapar yang berkurang disaat jam makan yang seharusnya dan juga hal tersebut dapat mengganggu pola makan anak.

3. Gunakan Tangan Si Kecil

Sesekali, kita bisa membiarkannya maka menggunaka tangan mereka sendiri. Hal ini juga bisa sekaligus melatih motorik mereka dalam merasakan tekstur pada makanan. Tapi jangan lupa diawasi dan sealu sedia lap atau tisu ya.

 

Baca Juga : Mengenal 7 Anak Rasulullah Muhammad SAW

 

4. Batasi Susu

Khusus untuk balita, usahakan untuk memberikan asupan susu dengan takaran 470ml per hari. Tk hanya susu, cairan lainnya seperti jus memiliki jumlah kalori cukup banyak. Karenanya, si kecil akan menjadi kenyang dan membuat nafsu makannya menurun.

5. Makan Bersama Keluarga

Ajaklah seluruh keluarga makan bersama dan buat suasana menjadi menyenangkan. Hal ini akan membuat si kecil meniru hal yang dilakukan saat berkumpul tersebut ( dalam hal ini akan mengikuti orang lain makan ) dan membuatnya  menjadi lebih semangat dalam menghabiskan makanannya.

6. varasikan Menu Makan

Mungkin penyebab anak susah makan adalah karena bosan karena rasa ingin tau yang tinggi jadi untuk mengakalinya usahakan untuk mengganti menu makanan dengan menyesuaikan pada usia saat balita. Jika anda bisa melakukannya paling tidak setiap minggu, maka membantu si kecil untuk mencoba berbagai rasa makanan.

Semoga sedikit tips diatas bisa bermanfaat ya bagi kalian para orang tua yang memiliki anak yang  sedang dalam fase sulit untuk makan. dan semangat ya. 

 

Baca Juga : Cara Mendidik Anak Agar Patuh

 

Leave a Reply