8 Cara Mengatasi Lag Saat Bermain Mobile Legends, 100% Terbukti

8 Cara Mengatasi Lagging, Ping Jump, Penurunan FPS Saat Bermain Mobile Legend yang 100 % Work  

 


     Mobile legend adalah salah satu game paling popular di indonesia. Game besutan perusahaan Moonton Company ini banyak di gandrungi oleh semua lapisan segmen masyarakat. Kepopuleran game mobile legend ini terbukti dari jumlah unduhan yang sudah di unduh oleh lebih dari 100 juta orang.


Karena intensitas pengguna atau pemain mobile legend ini sangat banyak, hal tersebut memberikan beban yang tinggi bag server mobile legend sendiri sehingga menyebabkan akses yang  diterima user menjadi sedikit bermasalah, atau biasa kita sebut dengan istilah lagging. Laggng ini menjadi masalah yang palingserin dialami oleh mayoritas kebanyakan pemain mobile legend ini. Dan tidak sedikit dari  mereka karena masalah tersebut memilh untuk beralih ke game lain.

Masalah lag ini bukan tidak diketahui oleh pihak pengembang game, malah pihak pengembang yaitu moonto sering sekali melakukan maintance untuk menyelesaikan masalah tersebut mulai dari mode peningkatan jaringan, penyesuaian frame, dll. Selain pihak pengembang game pihak provider juga tidak kalah sibuknya dalam mengoptimalkan kepuasan jaringan dalam bermain game ini, karena banyak sekali komentar negative dari para user yang terkadan menyalahkan pihak penyedia data internet sebagai penyebab utama terjadinya lag.

1. Penyebab lagging

Banyak sekali yang menjadi penyebab terjadinya lag saat bermain mobile legend ini dan berikut ini sedikit penjelasan tentang sumber masalah dari lag ini. 

1, Gangguan sinyal

Salah satu penyebab utama dari lagging biasanya adalah masalah pada jaingan internet pemain. Tidak jarang  karena kurangnya jangkauan sinyal para player mengalami gngguan yang menyebabkan disconnect atau terputus dari server. Masalah lag karena jeleknya jaringan internet kerap terjadi bagi pkayer yang berada di tempat terpencil seperti di pegunungan, pesisir pantai, ataupun berada di tempat yang jauh dari kota besar, karena pada dasranya kuatnya jaringan internet itu tergantung dari seberapa dekatnya device kita dengan tower jaringan.

Adapun masalah jaringan ini juga terjadi dikarenakan banyak nya device disekitar kita sehingga terjadi saling tabrak sinyal dan menyebabkan terlambatnya data untuk diterima.

2. Spesifikasi Perangkat yang jadul

Adapun selain karena masalah yang disebabkan oleh jaringan internet lagging juga bisa disebabkan oleh perangkat atau device yang digunakan tidak mampu untuk menerima atau menjalankan frame rate game yang tinggi. Lah kenapa bisa? Pas awal beli hp lancar aja kok?

Sebenarnya penyebab lag yang disebabkan oleh erangkat itu bersumber pada penyimpanan atau storage yang terus menipis dan tidak bisa lagi menyimpan data. Itu terjadi karena game itu akan terus mengalami perkembangan karena pihak developer harus menambah fitur ataupun memperbaiki sistem dan dalam hal tersebut user diharuskan update yang menguras ruang penyimpanan pada perangkat smartphoe kalian.
Tak ayal karena alasan tersebut terjadi penurunan frame rate game yang mengakibatkan performa game yang ditampilkan dilayar smart phone kalian menjadi patah – patah atau freeze.

3. Bug atau Error yang terdapat dalam Game

Selain masalah sinyal dan spesifikasi perangkat penyebab lagging yang terakhir adalah karena terdapat bug ataupun error dalam game sehingga menyebabkan user tidak optimal dalam bermain. Error pada sistem ini biasanya dapat menyebebabkan game bugtrap atau force close atau game ter restart dengan sendirinya. Tentu saja hal tersebut membuat kita sebagai pemain kesal apalai jika hal tersebut terjadi ketika sedang war atau push lord, pasti auto komentarin team atau musuh.

2. Solusi Agar Tidak Mengalami Lagging

Nah mengenai masalah lagging tersebut terdapat beberapa trick loh dan terbukti trick dan tips tersebut bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan lagging yang terjadi dalam game. Langkah –langkah ini disarankan oleh berbagai pihak mulai dari pihak developer game, pihak penyedia internet, atau dari pengalaman para pemain.

Langsung saja kita bahas mengenai tips dan trick menghilangkan lag. karena terbukti berdasarkan pengalaman player dan berdasarkan saran dari pihak developer game solusi berikut ini dapat menurunkan atau bahkan menghilangkan gangguan saat bermain mobile legend.

A. Jika ping tidak stabil dan tiba – tiba menjadi sangat tinggi

  • 1 cobalah untuk mengganti ke mode cepat yang tersedia didalam pengaturan game.
Kalian dapat melakukan tap pada tombol “ pengaturan” dan masuk ke dalam basic pada tampilan Home atau didalam battle field.
  • 2. lakukan deteksi jaringan di dalam pengaturan game

 untuk mengecek apa yang menjadi masalahnya.  Untuk melakukan deteksi jaringan kalian bisa melakukannya dengan pergi kepengaturan atau klik simbol roda di pojok kanan atas, setelah itu di bagian footer terdapat list command deteksi jaringan, setelah di klik perintah tersebut klik lagi perintah deteksi jaringan yang ada di side bar sebelah kiri.

Deteksi jaringan ini dilakukan untuk dapat mengetahu apakah ping kalian sedang tinggi atau tidak karena biasanya ping tinggi terjadi karena sedang ada bebrapa tugas yang tengah berjalan di latar belakang ponsel.

  • 3. Cobalah untuk mengganti jaringan dari Wifi ke jaringan 4G.
Mengganti jaringan saat sedang berada dalam in game ini memang terbukti membantu player saat sedang jump network. Cara melakukannya dalah dengan matikan data dan pindah ke penggunaan Wifi ataupun sebaliknya. Selain itu bisa juga mengunakan cara alternatif lain dengan pergi ke pengaturan game, terus klik bagian pengaturan jaringan setelah itu kalian klik mode speed dari on -> off -> on atau sebaliknya dari off -> on -> off. Setelah itu rasakan hasilnya.
  • 4. Jika kalian menggunakan Wifi cobalah langkah – langkah berikut ini :
a. Cobalah utuk me re – start router kalian atau me reset router kalian ke pengaturan router.
b. Atau kalian bisa coba untuk menutup aplikasi yang aktif  yang mungkin menggunakan jaringan karena semisal ada aplikasi lain yang berjalan itu membuat kecepatan jaringan terbagi.

  • 5. Jika kalian menggunakan jaringan selular
Jika kalian menggunakan data jaringan pada perangkat kalian bisa melakukan langkah – langkah sebagai berikut :
a. Cek apakah gangguan tersebut disebabkan oleh lokasi anda saatini. Cobalah untuk memainkan game pada area terbuka atau di lokasi yang dekat dengan menara sinyal, tapi pastikan menara sinyalnya sesuai provider yang kamu gunakan ya.
b. Kartu SiM yang dibeli di daerah lain dalam konteks ini adalah luar kota ataupun luar negeri dapat menyebabkan masalah lag ketika digunakan secara lokal. Jika kalian memiliki beberapa kartu SIM kalian bisa mencoba untk mengganti kartu SIM kalian.
c. Kalian bisa mencoba untuk menonaktifkan aplikasi lain yan menggunakan jaringan data di dalam Handphone kalian. Aplikasi tersebut dapat membagi beberapa kecepatan jaringan dalam game.

 

B. Jika Mengalami masalah ping stabil tetapi tetap mengalami lagging 

Kalian bisa mencoba beberapa tips berikut ini :

  • Cobalah untuk mematikan mode HFR di dalam pengaturan
Dalam teknologi gambar bergerak baik film atau video laju bingkai tinggi mengacu pada laju bingkai yang lebih tinggi daripada praktik sebelumnya yang khas. Kecepatan frame untuk kamera film bergerak biasanya 24 frame per detik dengan beberapa blitz pada setiap frame selama proyeksi untuk mencegah flicker. jadi intinya mode HFR ini berfungsi untuk memperhalus tampilan visual gambar pada layar. sebenarnya sebelum kalian memutuskan untuk mematikan mode HFR dalam game, kalian bisa check dulu processor perangkat smartphone kalian apakah versinya sudah required untuk menjalankan mode HFR dalam game.

  • Cobalah menurunkan kualitas grafis di dalam pengaturan
Adakalanya menetapkan kualitas grafis dengan kondisi smartphone adalah salah satu langkah yang bijak, karena dengan menetapkan kualitas grafis dalam game bisa menjadikan pengalaman bermain menjadi lebih memuaskan.
  • Cobalah untuk mengaktifkan optimasi battlefield di dalam pengaturan.
Dengan melakukan optimasi pengaturan game bisa menurunkan resiko lagging saat bermain. itu karena sistem akan mudah untuk menghubungkan server dan perangkat smartphone kalian.

 

C. Jika kalian menghadapi masalah lag saat bermain bersama teman

kalian bisa mencoba langkah berikut untuk menghilangkan masalahnya :
  • Silahka menguji apakah terdapat masalah yang sama ketika bermain sendirian.
  • cobalah untuk menggunakan kartu SIM yang berbeda.
  • Cobalah untuk mengganti operator jaringan lainnya.

 

D. Menghadapi masalah lag selama bermain pada jam –jam sibuk ( umumnya terjadi pada waktu sore dan waktu sebelum tidur malam)

Selama jam – jam sibuk, akan terdapat banyak player yang berbagi jaringan, yang akan menyebabkan jaringan lebih padat daripada jam dengan kesibukan rendah.
  • lakukan deteksi jaringan di dalam pengaturan untuk mengecek apa yang menjadi masalahnya. 
  • Cobalah untuk mengganti ke operator jaringan lainnya.
     
  • Cobalah untuk mengganti jaringan ke jarigan 4G

Leave a Reply