6 Cara Mendidik Anak Agar Patuh Kepada Orang Tua

6 Cara Mendidik Anak Agar Patuh Kepada Orang Tua – Memiliki anak dalam hubungan pernikahan adalah sesuatu yang didambakan oleh setiap pasangan suami istri. Dan jika sudah lahir sang buah hati orang tua bertanggung jawab dalam merawat dan mendidik si anak agar kelak bisa menjadi orang bermanfaat di kemudian hari. Tapi meskipun begitu mendidik anak sering kali menjadi masalah tersendiri bagi para orang tua. Masalah yang kerap kali timbul ketika mendidik anak adalah ketidak patuhan si anak.


 

Si kecil sering kali tidak mau mendengar perkataan orang tua?

Sebelum menyalahkan si kecil, apakah orang tua sudah membimbingnya dengan tepat?
 

Cara membimbing yang tepat seperti apa?
 

Nah dalam artikel ini mungkin akan saya bagian sedikit tips yang mungkin bermanfaat bagi orang tua agar anak bisa atau mau menurut dan mendengarkan perkataan kita.


Baca Juga : Mengenal 7 Anak Rasulullah SAW

 

1. Jangan Membentak – Bentak

 

Luangkan waktu sejenak dan ajak anak duduk santai bersama sambil menikmatik emilan kesukaannya. Setelah membangun suasana yang hangat, beri tahu sikecil bahwa ketika orang tua berbicara padanya, ia perlu mendengarkan dengan baik.

 

2. Dengarkan Keinginan Anak

 

Mudahnya saat anda dihadapkan dengan masalah yang melibatkan anak anda, cobalah dengarkan apa yang menjadi penyebab mereka melakukan hal itu. Kemudian tempatkan diri anda di posisi mereka dan bagaimana perasaannya.

 

3. Berikan instruksi yang tegas tapi tetap hangat

 

Hindari nada sauara yang tinggi seperti berteriak – teriak sehingga anak lebih nyaman untuk menaati arahan dan bimbingan anda. Karena berteriak – teriak atau pun mengancam hanya akan menyakiti psikologis anak dan juga hal tersebut bisa menjadi dendam yang dipendam oleh si anak.

 

4. Cari tahu kenapa anak tidak mau mendengarkan

 

Daripada marah dan membentak anak, sebaiknya tanyakan kepada si anak apa alasan dia tidak mau mendengarkan perkataan kita. Karena mungkin saja kita sudah melakukan sesuatu yang membuat anak sedih atau tersinggung. Setelah itu  jangan lupa diskusikan dengan anak, tentang seperti apa cara berkomunikasi yang dia inginkan agar anak mau mendengarkan.

 

5. Tetapkan Aturan

 

Buatlah aturan yang jelas dan sampaikan aturanini di awal serta pastikan anak paham apa saja yang menjadi tugas atau kewajibannya serta konsekuensi jika ia tidak memenuhinya. Dengan begitu anda tidak perlu lagi mengancam.

 

6. Berikan Anak Waktu Untuk Berubah

 

Ketika anak memiliki watak yang keras memang sedikit merepotkan tapi jangan sampai kita menghadapi watak keras tersebut dengan didikan yang keras juga. Untuk itu, sebaiknya jangan terlalu berharap segera memperoleh hasil instan. Jadi sembari mendidik kita juga sebaiknya memberi waktu kepada anak agar terbiasa dan mau menerapkan didikan kita.


Jadi apapun masalah yang timbul ketika mendidik anak, bersabar adalah pilihan terbaik bagi orang tua karena buah kesabaran tersebut akan melahirkan seorang manusia yang memiliki adab yang luhur nantinya.

Leave a Reply