3 Macam Model Data




 
Pengertian Model Data – Model data adalah sekumpulan konsep terintegrasi yang dioakai untuk menjabarkan data, hubungan antar data dan kekangan ( constrain ) terhadap data yang digunakan untuk menjaga konsistensi. Kadang model data disebut struktur data logis. Model data yang umum saat ini ada empat macam yaitu : model data hierarkis, model data jaringan, model data relasional, model data berbasis objek. Adapun tiga model pertama disebut model data yang berbasis rekaman ( record based data model ).

 

Model Data Hierarkis

Model data hierarkis merupakan model data tertua, sampai saat ini model ini masih digunakan untuk menangani sistem reservasi penumpang. Model ini seringkali dijabarkan dalam bentuk pohon terbalik. Didalam model ini dikenal istilah orang tua ( parent ) dan anak ( child ). Yang mana masing – masing berupa suatu simpul dan terdapat hubungan bahwa setiap anak hanya memiliki satu orang tua, sedangkan orang tua dapat memiliki sejumlah anak.

Simpul tertinggi yang tidak memiliki orang tua disebut akar ( root ) dan pengaksesan atau pengupdatean data dapat dilakukan dengan sangat cepat disebabkan hubungan antar data telah ditentutak di depan.

Model data hierarkis ini mempunyai kelemahan karena struktur data harus didefinisikan di depan, penambahan field baru memerlukan penentuan ulang terhadap struktur data secara keseluruhan.

 

Model Data Jaringan

Model data jaringan adalah jenis model data yang dibuat untuk mengatasi masalah pada model hierarkis. Model data jaringan ini memiliki bentuk yang menyerupai dengan model data hierarkis tetapi memiliki perbedaan tidak mengenal istilah akar ( root ) dan setiap anak bisa memiliki lebih dari satu orang tua.

Mengingat bahwa anak bisa memiliki lebih dari satu orang tua maka model ini mendukung hubungan M:M ( banyak ke banyak ). Dan juga model ini dapat mengatasi masalah problem hubungan M:M yang muncul pada model data hierarkis.
Model data relasional

Model data relasional adalah model data yang menggunakan sekumpulan tabel berdimensi dua, dengan setiap tabel tersusun atas sejumlah baris dan kolom.

Pada model data relasional kolom dapat didefinisikan sebagai satuan terkecil dalam sebuah tabel yang mempunyai makna. Pada model ini pula kaitan atau asosiasi antara dua tabel disebut hubungan ( relationship ) yang berupa :

  • I – I, yakni satu data pada suatu tabel berpasangan hanya dengan satu data pada tabel lain.
  • I – M, yakni suatu data pada suatu tabel berpasangan dengan banyak data pada tabel lain.

Secara konsep setiap tabel harus memiliki kunci primer yang tersusun dari sebuah kolom atau beberapa kolom. Kunci primer tersebut berperan sebagai identitas yang unik ( tak kembar ) untuk masing – masing baris data.


Selain kunci primer, terdapat pula kunci tamu atau kunci asing ( foreign key ). Kunci tamu adalah sebuah kolom dalam sebuah tabel yang menjadi penghubung dengan kunci primer pada tabel lain.

 

Model Data Berbasis Objek

Model data berbasis objek adalah model data yang menerapkan teknik pemrograman berorientasi objek. Berbeda dengan tiga model terdahulu, model data berbasis objek mengemas data dan fungsi untuk mengakses data ( metode ) ke dalam bentuk objek. DBMS yang menggunakan model ini biasa disebut OODBMS ( object oriented data base management system ).

Leave a Reply