3 Jenis Software Untuk Produktivitas Kerja

3 Jenis Software Untuk Produktivitas Kerja – Perangkat lunak adalah suatu program yang dibuat untuk meringankan hidup manusia. Sebelumnya telah dijelaskan mengenai perangkat lunak dan jenisnya dan adal jenis perangkat lunak yang menunjang produktivitas kerja. Nah, pada kesempatan kali ini penulis akan sedikit membahas dari perangkat lunak untuk menunjang produktivitas kerja.


1. Word Processing

Sebelumnya ada istilah word processing yang merupakan bagian dari perangkat lunak penunjang produktivitas kerja untuk informasi word processing adalah keompok perangkat lunak yang memiliki fungsi utama adalah untuk membuat sebuah dokumen. Perangkat lunak ini memberikan kemudahan dalam memformat teks ( rata kanan dan kiri, teks tebal atau miring atau juga garis bawah, mengatur font, menambah gambar dan foto, dsb.

Pengolah kata pada umumnya mendukung :

    • Spelling checker, yang berfungsi untuk mengidentifikasi kesalahan ejaan.
    • Grammar checker, yang fungsinya adalah untuk mengidentifikasi kesalahan dalam penggunaa tata bahasa
    • Thesaurus, yang berfungsi untuk mencarikan padanan kata.

      Contoh dari aplikasi word processing ini adalah : microsoft word, libre office write, abi word, dll.

      2. Spreadsheet

      Spreadsheet mempunyai tampilan yag khas berupa sekumpulan sel, dimana setiap sel memiliki alamat yang dinyatakan dengan nama baris dan kolom. Dan pada setiao sel inilah pemakai dapat menuliskan teks, angka, dan rumus atau formula. Rumus yang disediakan beraneka ragam dari sekedar menghitung jumlah dari nilai beebrapa baris sampai ke perhitungan IRR ( internal rate of return ) IRR digunakan untuk menghitung investasi. Bila menerapkan rumus spreadsheet akan secara otomatis melakukan perhitungan ulang bila nilai yang ada berubah.

      Spread sheet dilengkapi dengan faslitas untuk menyajikan data dalam bentuk grafik, seperti diagram batang, garis, dan lingkaran. Contoh dari perangkat lunak jenis spread sheet ini adalah Microsoft Excel, Libre office Calc, dan Quatro pro.

       

      3. Desktop publishing

      Desktop publishing adalah perangkat lunak yang biasa digunakan untuk menghasilkan produk cetakan seperti brosur, kartu undangan, buku, dll. Umumnya perangkat ini mempunyai kemampuan untuk menggabungkan berbagai berkas yang dihasilkan perangkat lunak lain, contohnya :

      A. Dokumen dari pengolahan kata

      Gambar buatan yang dilakukan melalui perangkat pengolah gambar seperti photoshop

      Gambar dari scanner

      Contoh dari perangkat lunak jenis desktop publishing adalah CorelDraw, In design, framemaker, QuarkXPress

      B. Presentasi Grafik

      Perankat lunak jenis presentasi grafik berguna untuk membuat bahan presentasi dan sekaligus melaksanakan presentasi. Dengan perangkat lunak ini dapat menyajikan teks, gambar, grafik dengan berbagai macam bentuk animasi data pergantian slide dengan efek suara dan bahkan dapatmenyajikan video.

      Dengan menghubungkan ke proyektor LCD maka dapat menyajikan presentasi pada audient yang banyak. Contoh dari perangkat lunak presentasi grafik yang umumnya digunakan adalahMicrosoft Power Point, Libre office Impress, Prezi.

      C. Komunikasi

      Perangkat lunak komunikasi berguna untuk melakukan komunikasi antar orang melalui surat elektronik ( e – mail ). Contoh dari perangkat lunak jenis komunikasi ini adalah Microsoft outllook, Mozilla thunderbird, contoh perangkat lunak yang berbasi web adalah Gmail, yahoo, Protonmail,dll.

      Selain itu terdapat perangkat lunak komunikasi yang berbasi smartphone yang saat ini lebih populer contoh nya adalah whatsApp, Line, Telegram,dll.

      D. Personal information manager

      Personal information manager ( PIM ) merupakan program yang sangat bermanfaat untuk mengelola informasipribadi yang berhubungan dengan jadwal, tugas dan rekanan klien dan keuangan. Contoh perangkat lunak jenis personal information manager ini adalah microsoft outlook.


      E. Manajemen data

      Perangkat lunak manajemen data adalah program yang berguna untuk mencatat, memanipulasi dan mengambil data dengan cara yang mudah dan cepat, dikenal dengan sebutan DBMS ( database Management System ). Beberapa contoh DBMS yang biasa dipakai oleh perorangan diantaranya : microsoft access, libre office base,dll.

      F. Software suite

      Software suite adalah kumpulan beberapa program yang dikemas menjadi satu. Dalam perangkat lunak ini biasanya telah terdapat program pengolah kata, lembar kerja, presentasi, PIM ( Personal information management ), dan manajemen data. Contoh daro software suite adalah microsoft office, Libre office, Open office, Wordperfect Office.

      One comment

      1. Suatu pecubaan yang mantap!

      Leave a Reply